Cara Mengatasi Preview / Thumbnail Screenshot iPhone Tidak Muncul

Ketika kalian mengambil jepretan layar alias screenshot pada iPhone, maka secara otomatis iPhone akan menampilkan Preview / Thumbnail yang berada dipojok kiri bawah layar. Salah satu fungsi dan kegunaan dari munculnya preview / thumbnail tersebut seperti, untuk melakukan screenshot panjang pada halaman website melalui aplikasi safari, melihat apakah hasil screenshot kita sudah benar, pas, bagus atau belum dan yang terakhir melalui preview / thumbnail tersebut kalian juga langsung dapat megedit dan membagikan hasil screenshot.


Namun tidak sedikit pengguna iPhone yang mengalami masalah, yang mana saat melakukan screenshot / jepretan layar, gambar preview / thumbnail screenshot yang seharusnya muncul setelahnya malahan tidak muncul. Dalam beberapa kasus tertentu bahkan screenshot tidak tersimpan ke galeri foto. Untuk memperbaiki masalah ini caranya sangatlah mudah, kemungkinan masalah ini hanya disebabkan oleh Bug pada iOS. Baik kalau begitu langsung saja berikut cara memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Preview / Thumbnail Screenshot iPhone Yang Tidak Muncul

Restart / Force Restart iPhone kalian


Cara ini merupakan cara paling ampuh untuk memperbaiki masalah preview / thumbnail yang tidak muncul saat melakukan screenshot, cara mudah sekali kalian tinggal mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali. Belum tahu caranya? ikuti petunjuk berikut :

Untuk iPhone 8 Plus, 8, 7 Plus, 7, 6S, 6 dan lebih lama silahkan tekan dan tahan tombol Power / Lock hingga muncul menu untuk mematikan iPhone.

Untuk iPhone X, XR, XS, 11 dan lebih baru silahkan tekan tombol Volume Atas dan Power / Lock secara bersamaan hingga muncul menu untuk mematikan iPhone.

Reset Pengaturan iPhone


Apabila setelah restart masalah juga tidak terselesaikan ( walaupun jarang terjadi ), silahkan lakukan pengaturan ulang pada iPhone kalian tanpa harus menghapus data, caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan. Ingat cara ini akan mengembalikan semua pengaturan iPhone ke pengaturan awal namun tidak menghapus data ataupun aplikasi yang sudah ada.

Update ke iOS Terbaru


Mengupdate ke iOS versi terbaru merupakan salah satu cara paling jitu dalam memperbaiki masalah yang disebabkan oleh Bug, silahkan update iOS kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Pastikan kalian menggunakan Wi-Fi dan minimal daya baterai 50% sebelum melakukan update.

Pastikan Ada Ruang Penyimpanan Tersisa

Screenshot yang diambil juga merupakan file gambar yang memiliki ukuran, jadi pastikan ruang penyimpanan pada iPhone kalian mencukupi ya.

Restore iPhone Melalui iTunes

Masih belum bisa juga? walaupun aneh dan jarang terjadi namun kalian bisa menggunakan cara restore iPhone melalui iTunes dikomputer untuk memperbarui seluruh sitem iOS pada iPhone kalian, caranya silahkan lihat pada postingan berikut : Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes

Baik sekian cara mengatasi Preview / Thumbnail yang tidak muncul setelah melakukan Screenshot / Jepreta Layar, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!