UTM: Install Windows & Linux Di iPhone / iPad Tanpa Jailbreak

UTM adalah salah satu aplikasi Virtual Machine / Mesin Virtual yang diklaim dapat menjalankan sistem operasi Windows dan Linux di iPhone maupun iPad. Kerennya lagi aplikasi UTM ini dapat dijalankan tanpa memerlukan akses jailbreak pada perangkat. Aplikasi ini juga sudah mendukung perangkat yang menggunakan minimal iOS 11 hingga iOS versi terbaru yang tersedia saat ini.

gambar : UTM virtual machine iOS

Untuk demonstrasinya bisa kalian saksikan melalui Video berikut :




Aplikasi Virtual Machine UTM ini memang benar-benar dapat menjalankan sistem operasi Windows maupun Linux. Walaupun begitu bisa kalian lihat sendiri pada video diatas untuk performa aplikasi UTM ini memang tidak bisa dijamin 100% dapat berjalan dengan mulus, setidaknya untuk saat ini.

UTM juga mengingatkan kita juga pada tweak jailbreak Dreamboard yang dulu digunakan untuk merubah ( launcher ) pada iPhone menyerupai tampilan Windows. namun ATM bukanlah aplikasi launcher melainkan benar-benar aplikasi Virtual Machine.

Admin sendiri belum mencoba menginstall aplikasi UTM ini, namun apabila aplikasi UTM ini memang sudah benar-benar dirilis ke publik dan dapat dijalankan dengan baik, kemungkinan besar akan admin coba dan bagikan caranya disini, tetapi untuk saat ini bagi yang tertarik dan ingin mendalami sendiri tentang aplikasi UTM ini, langsung saja buka website resminya pada link berikut berikut : https://getutm.app/

Akhir kata kita tunggu saja perkembangan aplikasi Virtual Machine untuk iPhone dan iPad ini, siapa tahu UTM juga menyediakan VM untuk sistem operasi Android.