Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Disentuh / Lag Ketika Dicharge

Seharusnya ketika dicharge / diisi daya, iPhone masih dapat digunakan dengan normal. Namun dalam beberapa kasus tertentu iPhone malah tidak mau merespon sentuhan sama sekali ketika sedang dicharge. Sekalinya bisa disentuh pun, sentuhannya akan terasa lag dan tidak sesuai dengan apa yang disentuh.


Hal serupa juga dulu pernah saya alami, namun masalah ini dapat saya perbaiki dengan cukup mudah. Kalau begitu langsung saja berikut cara-cara memperbaiki iPhone yang tidak bisa disentuh, tidak merespon, lag ataupun ghost touch ketika dicharge.

Pastikan Menggunakan Charger Original / Asli


Sangat penting untuk diperhatikan, pastikan kalian menggunakan charger iPhone yang original alias asli. Menggunakan charger yang tidak asli yang tidak sesuai dengan standar yang dibutuhkan iPhone, dapat membuat banyak masalah serius, salah satunya adalah iPhone yang tidak dapat disentuh / merespon ketika sedang dicharge. Hal serupa juga pernah terjadi pada iPhone saya, dimana ketika saya menggunakan charger tidak asli ( kw ), iPhone saya menjadi sangat lag ketika disentuh. Masalah ini dapat saya perbaiki dengan mudah ketika menggunakan charger iPhone yang asli.

Restart iPhone

Cara kedua yang dapat kalian lakukan adalah dengan merestart iPhone, caranya silahkan matikan iPhonenya kemudian nyalakan kembali, caranya...

  • Untuk iPhone 8 Plus, 8, 7 Plus, 7, 6S, 6 dan lebih lama silahkan tekan dan tahan tombol Power / Lock hingga muncul menu untuk mematikan iPhone.
  • Untuk iPhone X, XR, XS, 11 dan lebih baru silahkan tekan tombol Volume Atas dan Power / Lock secara bersamaan hingga muncul menu untuk mematikan iPhone.

Apabila setelah direstart tidak ada perubahan, coba lakukan langkah dibawah berikut.

Reset Pengaturan iPhone


Ada kemungkinan juga iOS pada iPhone kalian mengalami Bug, silahkan atur ulang pengaturan iPhone tanpa menghapus data ( cara ini akan mengatur ulang semua pengaturan, susunan icon, password wifi yang tersimpan dan lain sebagainya ). Caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Update ke iOS Versi Terbaru

Selanjutnya pastikan kalian sudah menggunakan iOS versi terbaru yang tersedia saat ini, silahkan update melalui Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Pastikan kalian menggunakan Wi-Fi dan memiliki minimal 50% baterai sebelum melakukan update.

Coba Lepas Case dan Cas Kembali


Untuk mengetahui apakah ada masalah grounding pada charger iPhone, kalian dapat melepas case yang menempel pada iPhone kemudian dicharge kembali dan lihat hasilnya. Jika berhasil untuk sementara kalian dapat menggunakan cara tersebut ataupun membalikkan arah colokkan charger. Untuk pengangan jangka panjangnya pastikan aliran listrik dirumah kalian sudah menggunakan grounding yang baik, coba juga menggunakan charger iPhone asli yang berkualitas lainnya.

Pindahkan Colokkan Charger ke Stop Kontak Lainnya

Coba juga pindahkan colokkan charger kalian ke luang stop kontak lainnya / gunakan stop kontak ditempat lain, apabila berhasil kemungkinan stop kontak yang kalian gunakan bermasalah.

Cek Kesehatan Baterai


Terakhir coba cek kesehatan baterai iPhone kalian melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai, apabila kapasitas maksimumnya sudah menyentuh dibawah angka 60 bahkan 50%, pertimbangkan untuk mengganti baterai tersebut.

Solusi Terakhir...

Jika masalah masih belum terselesaikan, disarankan untuk membawa iPhone kalian ke authorized service center Apple di Indonesia atau ke tempat service iPhone yang sudah terpercaya disekitar kalian.

Baik sekian dulu cara mengatasi iPhone yang tidak bisa disentuh ataupun merespon ketika dicharge saja. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!