Berapa Lama iPhone Dapat Bertahan Sebelum Tidak Bisa Digunakan Lagi?

Desain dan teknologi yang digunakan pada iPhone menjadikannya salah satu smartphone premium terbaik saat ini. Disamping harganya yang terbilang cukup mahal banyak pengguna yang bertanya-tanya, kira-kira berapa lama iPhone dapat bertahan sampai tidak bisa digunakan lagi?

Sebelum melanjutkan perlu diketahui terlebih dahulu, apa saja sih faktor yang membuat iPhone dapat bertahan sebelum tidak bisa digunakan lagi? kalau begitu langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga : Cara Mengisi Daya iPhone yang Benar agar Kesehatan Baterainya Awet

Faktor Teknologi dan Kebutuhan Aplikasi

Hal paling utama yang menyebabkan akhir dari masa penggunaan iPhone itu sendiri adalah kebutuhan akan teknologi dan perkembangan aplikasi. Hal ini bukan hanya terjadi pada iPhone saja namun juga pada kebanyakan perangkat elektronik lainnya.


Contoh sederhananya seperti iPhone 6 yang tidak kebagian iOS 13 karena kemampuan hardwarenya yang sudah tidak mumpuni lagi dalam menjalankan beragam fitur yang dibutuhkan oleh iOS 13. Jika dipaksakan maka bisa dipastikan bahwa iOS 13 tidak akan berjalan dengan mulus karena kemampuan dari iPhone 6 yang sudah tidak bisa mengimbanginya lagi. Hal ini berlaku sama juga dengan sebuah aplikasi maupun games.

Contoh lainnya lagi seperti iPhone 4S yang jaringannya hanya terbatas di 3G saja, sedangkan kebanyakan operator telekomunikasi sudah mulai melakukan transisi ke jaringan 4G LTE yang jauh lebih cepat dan stabil, bahkan kedepannya sudah disiapkan jaringan 5G pengganti dari 4G LTE.

Jadi untuk saat ini kebutuhan dan perkembangan teknologilah yang membuat iPhone tidak dapat menyesuaikan kemampuannya lagi (istilahnya: ketinggalan zaman) yang akhirnya berujung diganti dengan yang baru.

Faktor Fitur dan Keunggulan Lainnya

Salah satu fungsi dasar dari sebuah telepon genggam seperti namanya yaitu untuk melakukan panggilan telepon secara portable (bisa dibawa kemana-mana). Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, banyak fitur dan fungsi yang akhirnya ditanamkan pada sebuah telepon genggam yang kini membuatnya dijuluki sebagai Smartphone atau Ponsel Cerdas.


Faktor ketertarikan akan teknologi terbaru inilah yang membuat kita segera ingin mengganti ke iPhone terbaru, misalnya saja iPhone 5 yang tidak memiliki fitur sidik jari sedangkan iPhone terbaru saat ini sudah memiliki sistem keamanan sidik jari bahkan pemindai wajah / face id, yang akhirnya membuat iPhone 5 terasa sudah tidak berguna lagi meskipun masih dapat digunakan untuk kebutuhan dasar lainnya.


Faktor Penggunaan / Kerusakan

Untuk faktor yang satu ini tentu saja relatif, sangat jarang pengguna yang dapat menggunakan iPhonenya hingga 4 sampai 5 tahunan dengan baik. Biasanya ada saja kerusakan yang terjadi seiring dengan waktu, misalnya baterai mulai boros dan bocor, layar bermasalah atau pecah karena terjatuh, koneksi sudah mulai tidak stabil dan lain sebagainya.


Daripada mengeluarkan uang lebih untuk diperbaiki terus menerus lebih baik disimpan dan beli yang baru, apalagi iPhone terbaru sudah dibekali teknologi dan performa terkini untuk memanjakan penggunanya dan dapat digunakan dalam jangka panjang selanjutnya, bagaimana menurut kalian?

Jadi, Berapa Lama iPhone Dapat Bertahan Sebelum Tidak Bisa Digunakan Lagi?

Relatif, tepatnya tergantung kebutuhan aplikasi dan teknologi kedepannya. Biasanya iPhone dapat bertahan sekitar 4 - 6 tahun sebelum ketinggalan zaman (sudah tidak dapat menyesuaikan lagi dengan teknologi terkini). Selain itu faktor human error juga tidak bisa lepas dari usia pemakaian iPhone tersebut.

Rekomendasi Sebelum Mengganti ke iPhone Terbaru

Admin sendiri sangat menyarankan kalian untuk membeli iPhone seri paling terbaru yang tersedia saat ini, tujuannya tentu saja agar usia pemakaiannya yang jauh lebih lama sebelum perlu diganti lagi nantinya.

Baik itu saja informasi yang dapat admin sampaikan soal berapa lama iPhone dapat bertahan sebelum tidak bisa digunakan lagi dan akhirnya harus beli yang baru. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya, terima kasih :)