Bahaya Menginstall Aplikasi iPhone / iPad di Luar App Store

Toko aplikasi "App Store" yang ada di iPhone atau iPad kalian bukanlah satu-satunya sumber tempat dimana kalian bisa mendapatkan sebuah aplikasi ataupun games. Meskipun terlihat begitu, nyatanya ada beragam metode yang dapat digunakan untuk mendapatkan aplikasi tidak resmi di luar App Store.


Salah satu metode yang sudah tidak asing lagi adalah menginstall aplikasi melalui sebuah konfigurasi profil yang disediakan oleh penyedia tertentu seperti AppValley, TweakBox, TutuApp, Panda Helper dan masih banyak lagi.


Meskipun terlihat sangat meyakinkan dengan beragam aplikasi maupun game gratis dan keren yang tidak dapat kalian temukan di App Store (misalnya WhatsApp++, TikTok++, Spotify++ dll.), ada banyak kerugian dan risiko keamanan yang mengancam. Apa saja itu?

Kerugian Menginstall Aplikasi Diluar App Store iPhone dan iPad

Setiap aplikasi yang disediakan di luar App Store menggunakan setifikat Profil yang didapatkan dari Apple oleh si penyedia aplikasi, sertifikat ini biasanya berisikan segala macam konfigurasi seperti berapa lama aplikasi dapat diinstall dan digunakan.

Kerugiannya adalah ketika sertifikat yang digunakan tersebut ternyata diketahui oleh Apple telah melanggar ketentuan (mungkin karena telah menyediakan aplikasi secara ilegal), maka sertifikat tersebut akan di block oleh Apple dan aplikasi yang telah di install pada iPhone kalian secara otomatis akan ikut terblock / tidak bisa dibuka lagi.

Menyebalkan bukan? jadi jangan heran apabila aplikasi yang kalian install di luar App Store biasanya dalam hitungan hari sudah tidak dapat dibuka lagi. Hasilnya? kalian harus mendownload ulang aplikasi tersebut untuk menggunakannya lagi dan menghadapi risiko yang sama lagi nantinya.

Risiko Berbahaya Menginstall Aplikasi di Luar App Store

Selain kerugian waktu dan kuota seperti yang sudah dijelaskan di atas, terdapat juga beberapa risiko keamanan yang berbahaya ketika menginstall maupun menggunakan aplikasi di luar App Store. Apa saja itu?

#1 : Risiko Jebakan Pencurian Data / Malware

Karena tidak resmi tentu keamanan dari aplikasi tersebut tidak benar-benar terjamin, salah satu risiko terbesarnya adalah aplikasi tersebut membuat replika aplikasi serupa dengan tujuan mencuri informasi login kalian.

#2 : Risiko Kompatibilitas / Kecocokan

Aplikasi di luar App Store tidak terjamin kompatibilitasnya, maka dari itu tidak sedikit pengguna yang tidak dapat menjalankan aplikasi yang diinstall di luar App Store.

#3 : Risiko Mata-mata

Hampir sama seperti risiko pertama di atas, aplikasi yang kalian gunakan bisa saja menjadi mata-mata dari akivitias yang sedang kalian lakukan pada aplikasi tersebut.

#4 : Risiko Jailbreak

Sengaja atau tidak disengaja, tidak menutup kemungkinan tanpa kalian sadari ternyata apikasi yang kalian download dan jalankan bisa saja merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan jailbreak yang tidak kalian kehendaki.

#5 : Risiko Banned / Pelarangan

Tidak sedikit pengguna yang mencoba menginstall aplikasi (biasanya game) yang sudah dimodifikasi sebelumnya. Hal ini akan meningkatkan risiko banned / pelarangan ketika nantinya kalian akan menginstall aplikasi tersebut secara resmi dari App Store.


Nah bagaimana menurut kalian, cukup banyak bukan kerugian dan risiko yang akan kalian hadapi ketika menginstall aplikasi tidak resmi di luar App Store? namun ingat ya, tidak semua aplikasi yang diinstall di luar App Store itu berbahaya, salah satu contohnya aplikasi wajib yang disediakan oleh perusahaan atau organisasi tempat kalian bekerja atau belajar.

Disamping semua itu tetap berhati-hati dalam memberikan informasi pribadi seperti contoh akun sosial media, informasi bank, nomor telepon maupun data diri lainnya pada aplikasi yang tidak terpercaya apalagi yang tidak jelas asal-usulnya.

Baik itu saja informasi mengenai bahaya, risiko dan kerugian menginstall aplikasi iOS iPhone maupun iPadOS iPad di luar App Store resmi. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau mungkin sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)