Cara Download Toko Aplikasi Pihak Ketiga di iOS iPhone dan iPad

Bagi pengguna iOS iPhone, iPod touch maupun iPadOS iPad yang ingin mendownload aplikasi entah aplikasi sosial media, games dan lain sebagainya, toko aplikasi App Store merupakan tempat yang pertama kali akan kalian kunjungi. Namun apakah kalian tahu bahwa kalian bisa download dan menginstall aplikasi di luar App Store? bahkan tanpa bantuan komputer lho..


Ya, ketatnya ekosistem iOS dan iPadOS membuat banyak pengembang sulit memasukkan aplikasi buatan mereka ke App Store, contohnya saja seperti aplikasi Emulator. Maka dari itu hadirlah solusi toko aplikasi pihak ketiga, dimana kalian bisa menginstall aplikasi, emulator maupun games yang ditolak oleh App Store sesuka hati kalian.

Cara Kerja Toko Aplikasi Pihak Ketiga iOS

Toko aplikasi pihak ketiga untuk iPhone bentuknya hampir menyerupai App Store namun berisikan aplikasi-aplikasi yang tidak ada di App Store, tepatnya ditolak. Toko aplikasi pihak ketiga ini di kontrol oleh pengembang atau developer tertentu di luar Apple.

Lalu bagaimana bisa toko aplikasi pihak ketiga tersebut terinstall di iPhone, iPad dan iPod touch? apakah di download juga melalui App Store? jawabannya adalah tidak, toko aplikasi ketiga ini hanya dapat di install di luar App Store menggunakan sebuah Profil atau Mobile Device Management (MDM). Bentuk dari toko aplikasi pihak ketiga ada yang menyerupai aplikasi yang terinstall di perangkat kalian namun ada pula yang hanya berbasis web / situs saja.

Sedangkan MDM ini merupakan sertifikat profil yang didapatkan dari Apple (tepatnya di beli) oleh si pengembang toko aplikasi pihak ketiga agar dapat menginstall berbagai macam aplikasi ke dalam iPhone penggunanya.

Cara Download dan Install Toko Aplikasi Pihak Ketiga iOS

Untuk download dan install aplikasi ketiga di iOS yang kalian perlukan adalah profil dari toko aplikasi pihak ketiga tersebut, lalu bagaimana cara mendapatkannya? tentu saja melalui website / situs yang menyediakan toko aplikasi ketiga tersebut.

Saat ini ada bermacam-macam toko aplikasi pihak ketiga yang dapat kalian gunakan, seperti yang terkenal ada :

  • TweakBox
  • iOS Ninja
  • Ignition
  • AppValley
  • AppCake
  • Panda Helper
  • TutuApp

Dan masih banyak lagi yang lainnya, tergantung kalian ingin mencari aplikasi atau games apa karena biasanya toko aplikasi tersebut hanya menyediakan aplikasi atau games tertentu saja, seperti emulator dan aplikasi jailbreak sampai ada juga yang berisikan aplikasi yang telah dimodifikasi.

Ingat ya, tidak semua toko aplikasi berbentuk aplikasi yang harus di install ke dalam iPhone, biasanya ada beberapa toko aplikasi yang hanya berbasis web alias menyediakan aplikasi yang dapat di install langsung melalui browser.

Untuk caranya langsung saja ikuti tutorial berikut ini :

#1 : Pertama untuk menginstall aplikasi pihak ketiga silahkan buka browser Safari bawaan iPhone dan iPad

#2 : Jika sudah silahkan pilih toko aplikasi yang ingin kalian install (silahkan googling sebab linknya kadang berubah-berubah)

#3 : Setelah itu cari dan tap tombol Install / Download yang terdapat pada situs toko aplikasi pihak ketiga tersebut

#4 : Kemudian tap Izinkan (jika diminta) lalu tap lagi Tutup

#5 : Sekarang keluar dan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Profil lalu tap pada Profil toko aplikasi pihak ketiga yang di download tersebut kemudian tap lagi Install hingga selesai

#6 : Jika sudah silahkan kembali ke Homescreen dan lihat aplikasi pihak ketiga tersebut sudah terinstall

#7 : Terakhir silahkan buka toko aplikasi pihak ketiga tersebut dan pilih aplikasi ataupun games yang ingin kalian install

Kekurangan Toko Aplikasi Pihak Ketiga

Ada banyak kekurangan dari toko aplikasi pihak ketiga dan salah satu yang paling menyebalkan adalah Revoke, lalu apa itu Revoke? Revoke merupakan pencabutan profil atau izin dari toko aplikasi pihak ketiga oleh Apple karena dianggap melanggar ketentuan Apple.

Maka dari itulah cukup sulit untuk menginstall aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga, kalaupun sukses ada resiko profil yang digunakan untuk menginstall aplikasi tersebut untuk di revoke oleh Apple, kalau sudah di revoke otomatis aplikasi tidak akan dapat di buka dan mau tidak mau harus install ulang lagi, yang mana cukup menyebalkan.

Kesimpulan...

Admin sendiri menyarankan kalian untuk menggunakan toko aplikasi pihak ketiga hanya untuk mengisntall aplikasi penting saja, seperti aplikasi Jailbreak. Sebab apabila kalian ingin memanfaatkan toko aplikasi pihak ketiga untuk menginstall aplikasi yang akan kalian gunakan setiap haru maka kalian harus menhadapi konsekwensi dari kekurangan toko aplikasi pihak ketiga di atas.

Baik sekian informasi cara download aplikasi pihak ketiga di iOS iPhone, iPod touch dan iPadOS iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.