Cara Mengatasi Pesan Flash Dinonaktifkan iPhone harus dingin...

Apakah kalian mendapatkan pesan " Flash Dinonaktifkan iPhone harus dingin sebelum Anda dapat menggunakan flash. " saat ingin menyalakan flash (lampu kilat) pada kamera iPhone atau saat ingin menggunakan senter iPhone? jika ya, maka itu pertanda suhu pada iPhone, iPad atau iPod touch kalian sedang dalam keadaan yang tidak wajar alias terlalu panas.


Pesan ini biasanya diikuti juga dengan icon flash pada kamera iPhone yang berubah menjadi tanda peringatan.


Sistem keamanan pada iPhone mencegah penggunaan flash saat mendeteksi suhu pada iPhone, iPad atau iPod touch dalam keadaan yang terlalu panas atau mendeteksi telah terjadi penurunan performa (throttling) secara tiba-tiba. Hal ini bertujuan agar suhu pada iPhone tidak meningkat dan menyebkan kerusakan lebih lanjut pada iPhone terutama pada komponen baterai.

Sebagai catatan, pesan tersebut juga bisa diakibatkan oleh kesalahan baca pada sensor iPhone dan kemungkinan besar penyebabnya terjadi saat penggantian komponen baterai, layar dll. pada iPhone yang tidak sesuai standar Apple atau tidak dilakukan dengan benar.

Cara Mengatasi Pesan "Flash Dinonaktifkan iPhone harus dingin..."

Nah, untuk mengatasi masalah ini dan menggunakan flash pada iPhone dengan normal kembali, maka kalian harus mendinginkan iPhone tersebut terlebih dahulu, jika sedang terburu-buru dan mendesak ingin menggunakan flash pada iPhone kalian bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk mempercepat pendinginan iPhone :

  • Lepas seluruh case yang menempel pada iPhone, iPad atau iPod touch
  • Kemudian matikan iPhone, iPad atau iPod touch selama kurang lebih 5 menit atau suhu pada bodi iPhone sudah terasa cukup dingin
  • Lepaskan pengisian daya apabila sedang diisi daya
  • Hindari terpapar sinar matahari langsung

Setelah iPhone, iPad atau iPod touch kembali dingin biasanya fungsi flash akan berjalan normal kembali.

Bagaimana jika iPhone dalam keadaan Tidak Panas Namun Pesan tersebut Tetap Muncul?

Seperti catatan tambahan yang tadi saya jelaskan bahwa dalam beberapa kasus tertentu pesan tersebut bisa muncul akibat kesalahan baca oleh sensor iPhone. Kesalahan sensor ini biasanya diakibatkan pada penggantian salah satu komponen pada iPhone yang membuat sensor iPhone tidak dapat berfungsi dengan baik.


Selain itu dalam kasus tertentu kerusakan pada kamera iPhone juga bisa menjadi penyebab utamanya, biasanya pesan tersebut hanya terjadi saat mengakses flash melalui kamera iPhone saja sedangkan berfungsi normal saat mengakses flash dari pusat kontrol.

Sangat disarankan untuk membawa iPhone kalian ke teknisi yang sudah handal atau authorized service center Apple di Indonesia, untuk menganalisa dan memperbaiki masalah tersebut. Namun sebelum itu kalian bisa mencoba melakukan Update iOS melalui Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak (gunakan koneksi wi-fi yang stabil dan kencang) dan mereset ulang Pengaturan pada iPhone melalui Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Baik sekian informasi cara mengatasi pesan " Flash Dinonaktifkan iPhone harus dingin sebelum Anda dapat menggunakan flash ", apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.