Dampak dan Gejala dari Menurunnya Kesehatan Baterai iPhone

Kesehatan Baterai / Battery Health merupakan fitur yang digunakan sebagai indikator Kesehatan dan Performa dari baterai yang ada pada iPhone. Mengapa Kesehatan Baterai pada iPhone begitu penting? karena merupakan komponen sumber energi yang menghidupkan iPhone, apabila baterai mulai menurun kesehatannya (mengalami masalah) tentu akan berdampak juga pada performa dan kualitas dari iPhone itu sendiri.


Lalu apa saja dampak yang ditimbulkan dari menurunnya Kesehatan Baterai pada iPhone? dan bagaimana cara mencegahnya?

Sebagai catatan, untuk beberapa model iPhone terbaru seperti iPhone 11, mungkin dampak penurunan ini tidak akan terlalu terasa karena memiliki sistem dan perangkat yang lebih canggih.


Dampak / Gejala dari Menurunnya Kesehatan Baterai

Dampak dari menurunnya kesehatan baterai pada iPhone biasanya dapat dibagi menjadi dua, yaitu  ringan dan serius / berat.


Dampak ringan biasanya tidak akan terasa sampai Kesehatan Baterai menunjukan angka di bawah 80%, berikut adalah beberapa gejala ringan yang dapat saja muncul saat baterai mulai mengalami penurunan kesehatan:

  • Waktu penggunaan Baterai yang menjadi sedikit lebih cepat habis
  • iPhone lebih mudah menjadi panas
  • Seringkali mengalami lag ketika membuka ataupun menjalankan aplikasi dan game
  • Waktu membuka aplikasi menjadi terasa lebih lama

Sedangkan dampak serius biasanya mulai dirasakan apabila Kesehatan Baterai sudah menunjukan angka di bawah 70% dan sudah sangat terasa apabila berada di bawah 60%. Berikut adalah dampak parah yang mungkin kalian alami ketika kesehatan baterai mulai menurun jauh:

  • Manajemen Kinerja Diterapkan untuk mencegah iPhone mati tiba-tiba
  • Animasi UI pada iPhone menjadi lebih lag (seperti scroll halaman atau berpindah aplikasi)
  • Kecerahan Layar menjadi lebih rendah / turun tiba-tiba
  • iPhone sering restart / mati tiba-tiba meskipun fitur Manajemen Kinerja Diterapkan telah aktif
  • Pengisian daya menjadi lebih lama
  • Level baterai turun / habis tiba-tiba
  • Volume Speaker menjadi lebih rendah dari biasanya (sekitar 3dB)
  • Dalam kasus terparah senter / cahaya flash iPhone tidak dapat diaktifkan
  • Dalam kasus paling terparah iPhone tidak dapat dinyalakan kembali atau stuck di logo Apple

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kesehatan Baterai Menurun?

Selama iPhone tidak menunjukan adanya gejala-gejala serius seperti yang disebutkan di atas seharusnya kalian tidak perlu khawatir. Apalagi jika memang angka Kesehatan Baterai pada iPhone kalian masih berada di 80% atau lebih tinggi.

Tetapi apabila iPhone mulai mengalami gejala aneh yang sudah admin jelaskan di atas, kesehatan baterai sudah menunjukan angka di bawah 70% dan fitur Manajemen Kinerja Diterapkan telah aktif. Sangat disarankan untuk segera mengganti baterai pada iPhone, namun untuk lebih jelasnya kalian dapat membawa iPhone tersebut ke service center Apple untuk didiagnosa secara pasti.

Baca Juga : Penyebab Kesehatan Baterai iPhone yang Cepat Menurun

Baik itu saja dampak atau gejala dari penurunan kesehatan baterai pada iPhone, apabila ada yang ingin disampaikan, tanyakan atau mungkin ada yang punya pengalaman lainnya? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.