Cara Mengisi Daya iPhone yang Benar agar Kesehatan Baterainya Awet

Masih banyak pengguna iPhone, iPad maupun iPod touch yang tidak memikirkan tentang bagaimana cara mengisi daya baterai / ngecas (charge) agar kesehatan baterai tetap terjaga alias awet. Padahal salah satu faktor penting mengapa kesehatan baterai cepat menurun adalah pola pengisian daya yang tidak dilakukan dengan baik.


Mungkin bagi pengguna yang upgrade setiap tahun tentu tidak memusingkan soal kesehatan baterai, tetapi berbeda dengan pengguna (termasuk admin sendiri) yang ingin menjaga iPhone tersebut agar dapat digunakan dalam jangkan panjang atau mungkin ingin dirawat agar nilai jual kembalinya masih tetap tinggi.


Lalu apa saja faktor pengisian daya (ngecharge) yang dapat membuat kesehatan baterai lebih cepat menurun? dan bagaimana tips dan trik mengatasinya?

Mengisi Daya Baterai Hingga Benar-benar Penuh

Karena beragam faktor rumit yang sulit dijelaskan, kesehatan baterai iPhone akan cepat berkurang apabila sering diisi daya hingga penuh selama berjam-jam. Seperti contoh membiarkan iPhone diisi daya semalaman padahal sudah penuh 100%.

Hal ini dapat dikonfirmasi sendiri oleh fitur canggih dari Pengisian Daya Optimal pada iPhone, yang akan mempelajari pola pengisian daya sehingga dapat membatasi iPhone mengisi daya ke 80% saja dan akan melanjutkan kembali pengisian secara perlahan-lahan hingga penuh saat mendekati waktu dimana iPhone tersebut mendeteksi dirinya akan digunakan kembali.

Jadi apabila iPhone tersebut memang benar-benar sedang tidak digunakan terus-menerus hindari mengisi daya iPhone hingga 100%. Batasi hingga 80% saja merupakan hal terbaik untuk kesehatan baterai iPhone.

Membiarkan Daya Baterai Sampai Benar-Benar Habis / Sekarat

Selain membatasi pengisian daya hingga ke 80% saja, salah satu hal yang tidak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan baterai yaitu hindari membiarkan daya baterai benar-benar sekarat apalagi sampai habis total.

Sangat disarankan untuk segera melakukan pengisian daya apabila baterai iPhone kalian sudah hampir menyentuh angka 20%.

Baca Juga : Cara Mengetahui Baterai iPhone Sudah Pernah Diganti atau Belum Menggunakan 3uTools

Menggunakan iPhone Sambil Diisi Daya

Sering menggunakan iPhone sambil dicas? mulai sekarang hentikan kebiasaan itu jika ingin kesehatan baterai iPhone kalian awet.

Sebab baterai akan bekerja keras dan menghasilkan panas berlebih saat diisi daya, apalagi sambil digunakan yang akan membuat baterai bekerja ekstra lebih keras lagi dan menghasilkan panas berlebih. Hasilnya kesehatan baterai pada iPhone akan cenderung jauh lebih cepat menurun.

Menggunakan Charger Berkualitas Rendah

Salah satu faktor lain yang membuat baterai pada iPhone cepat mengalami kerusakan adalah penggunaan charger berkualitas rendah. Sebab charger berkualitas rendah terkadang tidak memenuhi standar arus aman yang memang dirancang untuk iPhone.

Dalam beberapa kasus ekstrem, charger berkualitas rendah dapat membuat baterai iPhone terbakar dan meledak. Jadi stop gunakan charger iPhone berkualitas rendah dan sangat disarankan untuk menggunakan charger yang benar-benar asli dari Apple.

Hindari Powerbank Berkualitas Rendah

Powerbank menjadi barang yang sangat dibutuhkan bagi pengguna yang suka kehabisan daya baterai saat sedang bepergian / jauh dari sumber listrik (stop kontak).

Namun tidak kalah penting dari poin ke 4 di atas, menggunakan Powerbank berkualitas rendah sangat berisiko untuk mempercepat kerusakan pada baterai. Jadi pastikan untuk menghindarinya dan gunakanlah Powerbank berkualitas.


Nah bagaimana menurut kalian tidak sulit kan untuk memerhatikan pengisian daya yang benar agar baterai pada iPhone menjadi lebih awet. Apple memang menyarankan penggantian baterai setelah 500 kali pengisian daya penuh (sekitar 2 tahunan), namun dengan melakukan perawatan baterai yang baik dan benar sepertinya baterai dapat bertahan jauh lebih lama dari itu.

Baik itu saja cara-cara mengisi daya atau charger (ngecas) iPhone agar kesehatan baterainya tetap terjaga. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)