Cara Mengatasi Kesehatan Baterai iPhone Tidak Kunjung Menurun

Normalnya kesehatan baterai atau battery health pada iPhone (tepatnya: kapasitas maksimum) akan menurun seiring dengan penggunaan. Waktu penurunan pun bervariasi biasanya akan terjadi setelah 1 - 3 bulan sejak pertama kali digunakan.


Namun apa jadinya jika kesehatan baterai pada iPhone tidak kunjung menurun? bagus dong baterainya? tunggu dulu bukan berarti hal tersebut pertanda baterai yang bagus, namun ada yang tidak wajar disini, apalagi sudah berbulan-bulan bahkan sudah mau satu tahun baterai pada iPhone kalian tidak kunjung menurun padahal sering sekali digunakan.

Nah jika kalian juga mengalami masalah tersebut, kalian tidaklah sendiri tidak sedikit pengguna di luar sana termasuk admin sendiri yang mengalaminya.

Penyebab Kesehatan Baterai yang Tidak juga Menurun

Kesehatan baterai yang tidak menurun biasanya disebabkan oleh komponen baterai yang sudah tidak asli lagi alias pernah diganti sebelumnya, sehingga iPhone tidak dapat membaca kesehatan baterai pada baterai tersebut dengan benar.

Dan disisi lain hal ini bisa juga disebabkan oleh bug pada iOS sehingga iPhone tidak bisa membaca dengan benar kapasitas maksimum pada baterai.

Cara Mengatasi Kesehatan Baterai yang Tidak Menurun

Tentu kita tidak ingin baterai pada iPhone yang kita gunakan tidak dapat terbaca kesehatannya dengan benar. Untuk mengatasi masalah ini kalian dapat menggunakan beberapa cara berikut.

#1 : Update ke iOS versi Terbaru

Cara paling mudah pertama yaitu melakukan update versi iOS pada iPhone ke versi paling terbaru yang tersedia saat ini. Caranya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak (gunakan koneksi internet dari Wi-Fi).

#2 : Reset Pengaturan iPhone

Apabila cara-cara di atas tidak juga berhasil, kalian bisa coba reset pengaturan pada iPhone kalian (tanpa menghapus data), caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

#3 : Kalibrasi Baterai iPhone

Sederhana, kalian hanya perlu menggunakan baterai pada iPhone tersebut hingga benar-benar habis (mati sendiri). Jika sudah silakan diamkan hingga beberapa jam kemudian cas kembali hingga benar-benar penuh, jika sudah lihat hasil akhirnya.

#4 : Cek Kesehatan Baterai Melalui Aplikasi 3uTools

Selanjutnya untuk memastikan apakah ada kesalahan baca pada iPhone, kalian dapat mencoba melihat kesehatan baterai iPhone melalui komputer menggunakan aplikasi 3uTools atau coconutBattery untuk pengguna mac.

Caranya silakan hubungkan iPhone kalian ke komputer atau mac lalu download aplikasi berikut:


Setelah itu silakan install dan buka masing-masing aplikasi, untuk 3uTools silakan cek pada menu Battery > Details. Untuk pengguna coconut Battery silakan cek pada bagian iOS device lalu lihat di bawah menu Design capacity.

#5 : Cek Apakah Baterai Sudah Pernah Diganti Sebelumnya?

Selanjutnya apabila kalian tidak mengetahui apakai baterai tersebut sebelumnya pernah diganti atau tidak, kalian dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi 3uTools (khusus pengguna windows saja).

Caranya mudah silakan download dan install aplikasi 3uTools, Download - 3uTools  (jika sudah ada tidak usah lagi)

Kemudian hubungkan iPhone kalian ke komputer lalu klik menu View Verification Report pada aplikasi 3uTools.


Apabila sudah silakan cek pada menu Battery Serial Number, apabila menunjukan Battery may be changed, itu artinya kemungkinan besar baterai pada iPhone kalian sudah pernah diganti sebelumnya


Apabila menunjukan status Normal kemungkinan besar baterai pada iPhone kalian masih dalam keadaan aslinya.


Ingat salah satu hal yang paling sering menyebabkan kesehatan baterai yang tidak kurun turun adalah komponen baterai yang digunakan sudah tidak asli lagi. Sehingga iPhone tidak dapat membaca informasi kesehatan baterai dengan benar.

Untuk cara terakhir kalian dapat melakukan restore iPhone (menghapus seluruh data pada iPhone kembali ke bawaan pabrik), kalian dapat melakukannya langsung melalui iPhone pada menu Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Hapus Konten & Pengaturan, atau dengan mengikuti cara pada postingan berikut: Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes

Hasilnya apabila masih tidak berhasil dan baterai pada iPhone kalian memang pernah diganti sebelumnya, ada kemungkinan memang iPhone tidak dapat membaca informasi dari baterai itu dengan baik karena ketidakcocokan sistem pada iPhone dan Baterai tersebut.