Perbedaan Antara iPhone Refurbished dan Replacement

iPhone sendiri memiliki model berbeda yang merujuk pada kondisi iPhone tersebut, seperti contoh iPhone Refurbished dan iPhone Replacement. Lalu apa sih arti dan maksud dari kedua jenis iPhone tersebut dan apa saja perbedaannya?


Perbedaan iPhone Refurbished dan iPhone Replacement

iPhone Refurbished: Merupakan istilah yang merujuk pada kondisi iPhone yang telah mengalami kerusakan sebelumnya, kemudian diperbaiki kembali oleh perorangan maupun resmi dan dijual kembali.

Tetapi seperti yang kita ketahui iPhone Refurbsihed seringkali disebut sebagai iPhone berkualitas rendah, namun hal tersebut tidak berlaku untuk iPhone Refurbished resmi yang berasal dari Apple sendiri atau iPhone CPO (certified pre-owned).

iPhone Replacement: merupakan istilah yang merujuk pada iPhone hasil garansi tukar unit dari Apple. Sebagai contoh iPhone admin mengalami kerusakan kemudian digaransikan dan akhirnya ditukar unit iPhone baru oleh Apple, nah iPhone baru tersebutlah yang disebut iPhone Replacement.

Tetapi perlu diketahui iPhone baru disini biasanya bukanlah benar-benar iPhone yang baru, melainkan iPhone Rerfurbished resmi dari Apple sendiri atau iPhone CPO.

Ciri-ciri dan Cara Mengidentifikasi iPhone Refurbished maupun Replacement

Kalian dapat mengidentifikasi antara iPhone Refurbished dan iPhone Replacement dengan mudah, salah satunya adalah melalui kode Nomor Model yang ada pada aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai > Nomor Model.

iPhone Replacement sendiri memiliki Nomor Model dengan awalan huruf " N " yang menandakan bahwa iPhone tersebut merupakan iPhone Replacement atau hasil ganti unit resmi dari Apple.


Selengkapnya:

  • N : merupakan iPhone pengganti / replacement
  • F : merupakan iPhone refurbished resmi yang dijual oleh Apple sendiri
  • M : merupakan iPhone yang dibeli dalam kondisi baru / retail
  • P : merupakan iPhone yang biasanya dijual secara personal oleh Apple secara online

Kualitas iPhone Refurbished dan iPhone Replacement

Seperti yang sudah admin jelaskan di atas bahwa iPhone Replacement merupakan iPhone pengganti dari Apple yang tentu saja kualitasnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sedangkan iPhone Refurbished yang tidak resmi dari Apple, kualitasnya tentu saja perlu dipertanyakan.

Nah bagaimana apakah sudah tahu perbedaan iPhone Refurbished dan iPhone Replacement? silakan tinggalkan pendapat kalian mengenai kedua iPhone tersebut pada kolom komentar di bawah ya..