Cara Mengatasi Apple Watch Menjadi Sangat Panas saat Dicas

Suhu operasional terbaik untuk Apple Watch berada diantara 0°C - 35°C dan ketika dicas suhu akan sedikit meningkat menjadi lebih panas (tepatnya hangat). Namun apa jadinya jika panas yang dihasilkan oleh Apple Watch ketika dicas terlampau panas dan rasanya seperti hampir terbakar? tentu ada yang tidak normal dengan Apple Watch kalian.


Penyebab dari panas tersebut dapat diakibatkan oleh berbagai macam faktor seperti bug pada watchOS, beban aplikasi berlebih dilatar belakang hingga pertanda kerusakan pada baterai.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut kalian dapat mengikuti beberapa cara berikut ini.

Restart Apple Watch

Silakan tekan dan tahan tombol Power / Samping hingga muncul menu untuk mematikan Apple Watch. Jika sudah mati silakan tunggu hingga beberapa saat (mungkin sekitar 1 - 2 menit) kemudian nyalakan kembali dan lihat hasilnya.

Apabila masih mengalami panas kalian bisa coba menggunakan adapter atau kepala charger lainnya, dan pastikan juga kalian tidak menggunakan Apple Watch selama dicas.

Update ke watchOS ke Versi Terbaru

Kalian bisa melakukan update software watchOS untuk Apple Watch melalui iPhone atau langsung melalui Apple Watch itu sendiri.

Sebelum melakukan update pastikan baterai pada Apple Watch berada di atas 50% (disarankan sambil dicas), proses update sendiri akan berlangsung selama kurang lebih satu jam tergantung ukuran update dan kecepatan internet.

  • Melalui iPhone: buka aplikasi Watch pada iPhone kemudian pilih menu Apple Watch kalian lalu tap lagi menu Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, apabila tersedia silakan download dan install pembaruan tersebut.
  • Melalui Apple Watch langsung: buka aplikasi Pengaturan lalu tap pada menu Umum > Pembaruan Perangkat lunak, apabila tersedia silakan download dan install pembaruan tersebut.

Reset Apple Watch ke Pegaturan Pabrik

Cara terakhir, silakan pertimbangkan untuk menghapus total Apple Watch kalian kembali ke pengaturan pabrik. Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan pada Apple Watch kemudian tap pada menu Umum > Atur Ulang lalu pilih Hapus Konten dan Pengaturan.

Solusi Terakhir

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, kemungkinan terdapat masalah pada baterai yang ada di Apple Watch kalian (mungkin sudah mulai mengalami kerusakan). Sangat disarankan untuk membawa Apple Watch tersebut ke service center Apple agar dicek lebih lanjut penyebabnya.

Nah bagaimana apakah masalah Apple Watch yang panas saat dicas sudah teratasi? apabila kalian ingin berbagi tips, saran atau pengalaman, kalian bisa meninggalkannya pada kolom komentar di bawah :)