Cara Mengatasi Foto pada Widget Foto Tidak Muncul / Tidak ada konten yang tersedia

Tidak sedikit pengguna iPhone yang bingung dan bertanya-tanya, mengapa setelah memasang Widget Foto malah tidak muncul fotonya alias hanya muncul tampilan abu-abu dengan pesan "Tidak ada konten yang tersedia".


Lalu apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Widget Foto Tidak Muncul "Tidak ada konten yang tersedia"

Sebelumnya perlu diketahui bahwa, Widget Foto pada iPhone secara otomatis hanya akan menampilkan Foto yang diambil dari menu "Untuk Anda" pada aplikasi Foto iPhone.

Jadi apabila menu "Untuk Anda" pada aplikasi Foto iPhone ternyata masih kosong atau belum tersedia (Tidak Ada Konten), secara otomatis Widget Foto juga tidak akan menampilkan foto apapun.

Kosongnya menu "Untuk Anda" ini biasanya dialami oleh pengguna iPhone baru, baru saja mengupdate iOS, tidak memiliki foto ataupun sengaja menghapus foto yang ada dari menu tersebut.


Lalu bagaimana cara memilih foto pada menu "Untuk Anda" tersebut?

Menu "Untuk Anda" pada aplikasi foto tersebut bekerja dengan cara memindai / mencari foto secara acak dengan pertimbangan foto Kenangan dan lain sebagainya, yang sampai saat ini pun admin masih belum mengetahui dengan jelas bagaimana alogaritma menu tersebut dalam memilih foto.

Yang pasti kalian disarankan untuk menghubungkan iPhone ke pengisian daya semalaman, agar menu "Untuk Anda" tersebut dapat memindai dan memilih secara otomatis foto yang tepat untuk ditampilkan.

Merepotkan? tentu saja, meskipun foto sudah tampil, foto yang tampil tersebut pun terkadang diluar keinginan kita. Dan kalaupun foto yang dipilih otomatis tersebut dihapus dari menu "Untuk Anda" kalian harus menunggu lagi semalaman untuk dapat menampilkan hasil foto lainnya yang mana belum tentu foto yang kita inginkan lagi, sangat menyebalkan...

Solusi Memasang Widget Foto yang Bisa Dipilih Sendiri

Nah sebagai solusinya kalian dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Widgetsmith yang mampu menampilkan foto apapun yang kalian pilih melalui Widget. Selengkapnya bisa kalian baca pada postingan berikut: Cara Menjadikan Foto sebagai Widget di iPhone iOS 14 dengan Widgetsmith

Oke itu saja informasi tentang cara mengatasi foto tidak muncul pada widget foto (Tidak ada konten yang tersedia). Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau mungkin punya masukan? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah :)