Perbedaan Segel Black Peel dan Green Peel pada Produk Apple

Sebelum membeli produk Apple pasti kalian pernah mendengar istilah Green Peel dan Black Peel. Ya, istilah tersebut digunakan untuk mendeskripsikan produk yang akan dijual benar-benar masih baru dan tersegel rapih. Namun ada sedikit perbedaan penggunaan diantara keduanya, apakah itu?

Arti dan Maksud Segel Green Peel

Dus atau Kotak iPhone yang masih baru pasti tersegel dan dilapisi dengan sebuah plastik tipis, dan diujung pastik tersebut biasanya terdapat plastik lebih yang fungsinya untuk mempermudah saat akan membuka pastik tersebut.

Nah, diujung plastik lebih tersebutlah terdapat tanda berwarna hijau (berbentuk tanda panah) yang disebut sebagai Green Peel. Contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut.

(Capture Image Source: bukalapak)

Green Peel pada plastik tersebut memiliki arti bahwa produk iPhone tersebut masih benar-benar baru dan belum pernah dibuka sebelumnya. Segel Green Peel sudah digunakan oleh Apple sejak dirilisnya iPhone 7 hingga iPhone terbaru saat ini, jadi kalau dus iPhone SE, iPhone 6S atau lebih lama tentu tidak memiliki Green Peel ya.

Bagaimana jika tidak terdapat Green Peel pada dus iPhone padahal masih baru? kemungkinan produk tersebut merupakan barang "BNOB" (Brand New Open Box), yang artinya segel asli pernah dibuka sebelumnya, kemudian disegel kembali menggunakan segel sendiri.

Mengapa kok barang BNOB dibuka lalu disegel kembali? entahlah agan bisa tanyakan sendiri ke penjualnya hehe.

Arti dan Maksud Segel Black Peel

Sama seperti Green Peel, namun bedanya istilah Black Peel ini digunakan untuk mendeskripsikan segel yang ada pada produk Apple selain iPhone, contohnya saja iPad, AirPods, dan Aksesoris lainnya.

Black Peel juga sama-sama merupakan tanda segel namun berwarna hitam (berbentuk panah), dan terdapat pada plastik tipis lebih yang digunakan untuk mempermudah membuka segel plastik utama pada kotak produk. Contohnya kira-kira bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut.

(Capture Image Source: Shopee)

Bagaimana sudah tau kan perbedaan antara segel Green Peel dan Black Peel? jangan lupa berikan komentar atau pendapat kalian pada kolom komentar di bawah ya :)