Apa Perbedaan iPhone iBox / TAM, Inter dan Distributor?

Bagi kalian yang sedang mencari-cari dan berniat untuk membeli iPhone, pasti pernah menemukan iPhone yang dijual dengan keterangan tambahan seperti iPhone Resmi iBox/TAM, iPhone Garansi Inter/Internasional, atau iPhone Distributor.

Lalu apa sih perbedaan dari iPhone-iPhone tersebut dan apa maksud dari semuanya?


Perbedaan iPhone dari iBox, TAM, Inter dan Distributor

Sebelum melanjutkan, perlu diketahui bahwa iPhone yang beredar di Indonesia sendiri didatangkan dari luar negeri melalui banyak jalur, ada yang resmi ada juga yang mungkin tidak (Black Market).

Sebutan iPhone iBox/TAM, Inter, atau Distributor, merupakan istilah yang merujuk pada asal-muasal iPhone tersebut masuk ke Indonesia beserta pengurusan Garansinya.

iPhone iBox/TAM

iBox merupakan distributor yang menjual produk Apple secara Resmi di Indonesia, begitu juga dengan TAM yang masih satu perusahaan dengan iBox. Keduanya merupakan anak perusahaan Erajaya Swasembada (sumber: Wikipedia).

Karena masuk melalui jalur yang resmi, tentu iPhone yang berasal dari iBox memiliki banyak kelebihan. Apa sajakah itu?

Kelebihan:
  • Garansi yang mudah dan dapat diklaim di seluruh iBox di Indonesia
  • iPhone dapat menggunakan kartu SIM dengan bebas
  • Kualitas produk terjamin dan sudah pasti dapat bekerja dengan baik di Indonesia
  • Mendapatkan pelayanan resmi langsung dari iBox

Kekurangan:
  • Harga yang biasanya lebih tinggi dari yang lain
  • iPhone terbaru lebih lama tersedia

iPhone iBox atau TAM cocok untuk kalian yang ingin mendapatkan produk yang benar-benar terjamin asli, berkualitas, bantuan layanan, hingga proses garansi yang tidak merepotkan. Namun biasanya iPhone terbaru lebih lama keluar.

iPhone Distributor

iPhone Distributor merujuk pada iPhone yang dibawa masuk ke Indonesia oleh Importir yang juga sudah melalui jalur Resmi. Biasanya iPhone ini memiliki garansi yang disebut "Garansi Distributor".

Berbeda dengan iPhone Resmi iBox atau TAM, ada beberapa kelebihan dan kekurangan penting yang harus kalian ketahui soal istilah dari iPhone Distributor atau Garansi Distributor.

Kelebihan:
  • Harga yang ditawarkan cukup murah diantara yang lain
  • Biasanya produk iPhone terbaru lebih cepat masuk ke Indonesia

Kekurangan:
  • Pengurusan Garansi yang cukup panjang dan lama
  • Biasanya Garansi tidak melalui jalur Resmi atau disesuaikan dengan kartu garansi yang diberikan (menggunakan service center sendiri yang cukup meragukan)
  • Tidak sedikit ditemukan iPhone Distributor yang beredar merupakan barang Refurbished/Rekondisi (iPhone bekas yang rusak lalu diperbaiki)

Apabila kalian menginginkan iPhone dengan harga yang cukup murah dibandingkan yang lainnya, iPhone Distributor bisa menjadi salah satu pilihan.

Namun tetap berhati-hati akan kemungkinan iPhone Refurbished, pastikan keaslian iPhone melalui IMEI, dan cek lebih detail soal proses garansi dengan si Penjual.

iPhone Inter/Internasional

iPhone Inter atau Internasional ini masuk tidak melalui jalur Resmi atau lebih tepatnya di bawah masuk ke Indonesia entah melalui jalur perorangan atau diimport tanpa adanya layanan purna jual.

Kelebihan:
  • Memiliki harga yang sedikit lebih murah dari iPhone Resmi iBox
  • Biasanya produk iPhone terbaru lebih cepat masuk ke Indonesia

Kekurangan:
  • Tidak memiliki layanan resmi untuk klaim garansi (biasanya dibantu urus oleh si Penjual)
  • Proses garansi yang lama

Sejujurnya Admin sendiri merupakan salah pengguna iPhone garansi Inter dan sejauh ini memang tidak ada masalah.

Tetapi penting juga untuk tetap memastikan bahwa iPhone garansi inter yang dibeli sesuai dengan keinginan, yakni benar-benar asli, baru, kejelasan masalah garansi, bukan produk refurbished (jika memang beli yang baru), dan bila perlu cek juga reputasi si Penjual.

Tips Membeli iPhone

1. Hindari Produk Refurbished/Rekondisi Abal-Abal

iPhone Refurbished atau Rekondisi merujuk pada kondisi iPhone bekas yang sudah mengalami kerusakan kemudian dijual kembali setelah diperbaiki. Biasanya iPhone ini juga dilabeli dengan Garansi Distributor.

Namun tidak semua iPhone Refurbished itu buruk, salah satu iPhone Refurbished dengan kualitas yang terjamin bagus hanyalah iPhone CPO (certified pre-owned), selengkapnya: Perbedaan iPhone CPO dan iPhone Refurbished Lainnya

2. Cek Garansi

Jika ragu dan tidak ingin repot dengan urusan klaim garansi apabila sewaktu-waktu iPhone mengalami masalah, tentu iPhone yang benar-benar resmi seperti iPhone iBox merupakan pilihan yang tepat.

iPhone sendiri memiliki garansi resmi sepanjang 1 tahun sejak diaktifkan, kalian bisa cek melalui website resmi Apple berikut https://checkcoverage.apple.com/ dengan memasukan IMEI yang tertera pada iPhone.

3. Pastikan iPhone Sudah Bisa Menggunakan Jaringan dari Operator Mana Saja

Tidak semua iPhone dapat menggunakan jaringan operator dengan bebas, seperti iPhone Bundling yang sudah terikat kontrak dengan operator seluler tertentu atau iPhone yang masuk tidak resmi ke Indonesia dan belum membayar pajak (IMEI diblokir) sehingga tidak bisa menggunakan operator seluler yang ada di Indonesia.

4. Pastikan iPhone Benar-Benar Baru

Pernah dengar iPhone Greenpeel? ya, iPhone Greenpeel merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan kondisi atau segel dus iPhone yang masih dalam keadaan utuh dan tidak pernah dibongkar sama sekali (memiliki titik atau tanda hijau di dus).

Karena tidak pernah dibongkar maka kondisi iPhone di dalam dus beserta aksesorisnya tentu masih dalam keadaan asli seperti bawaan pabrik.

Penutup..

Ya, kira-kira itu perbedaan dari iPhone iBox (TAM), iPhone Inter/Internasional, dan iPhone Distributor yang dapat Admin sampaikan.

Mungkin artikel di atas tidak sepenuhnya akurat, namun yang terpenting bagi kita sebagai konsumen  harus lebih jeli lagi dalam membeli produk khususnya iPhone. Selalu perhatikan tips dalam membeli iPhone agar mendapatkan iPhone terbaik sesuai dengan yang diharapkan.