Apa Arti dan Maksud dari iPhone Ex Inter dalam Jual Beli?

Pernahkah kalian mendengar atau menemukan produk iPhone yang dijual dengan deskripsi atau keterangan "Ex Inter"? lalu apa arti dan maksudnya dari Ex Inter tersebut dan apa bedanya dengan iPhone yang lainnya?


Arti dan Maksud "Ex Inter" pada iPhone

" Ex atau eks " memiliki arti yaitu Bekas, sedangkan " Inter " merupakan singkatan dari Internasional.

Jadi kalau kita sambungkan arti dari iPhone Ex Inter merujuk pada iPhone Bekas yang berasal dari Luar Negeri.

Penggunaan Ex Inter ini biasanya tidak hanya digunakan oleh iPhone saja, melainkan produk-produk lainnya seperti iPad, Macbook, iPod touch dan lain sebagainya.


Perbedaan iPhone Ex Inter dengan iPhone Lainnya?

Sebenarnya semua iPhone didesain sama saja, meskipun begitu perlu diperhatikan bahwa beberapa model iPhone dari luar negeri seperti dari Jepang dan Korea, memiliki batasan pada suara kamera yang tidak bisa dimatikan. Hal tersebut dikarenakan setiap iPhone yang diproduksi untuk negara tersebut harus mengikuti peraturan privasi yang ditetapkan oleh masing-masing negara.

Dari Negara apa saja iPhone Ex Inter Berasal?

Semua tergantung dari si penjual yang menjual iPhone tersebut, namun biasanya iPhone yang banyak beredar dan dijual di Indonesia berasal dari Singapura, Amerika Serikat, Hongkong/Macau, Malaysia, Australia, Kanada, China, Korea dan Jepang.

Nah untuk melakukan pengecekan dari mana asal asli dari iPhone yang dijual, kalian bisa mengetahuinya melalui Nomor Model pada iPhone tersebut. Caranya?

Buka aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai kemudian perhatikan menu Nomor Model, setelah itu lihat satu atau dua Huruf yang berada sebelum tanda " / " pada Nomor Model dan bandingkan dengan tabel berikut:


Sebagai contoh, apabila nomor model menunjukan MNW47ZA/A hal tersebut menandakan bahwa iPhone tersebut berasal dari negara Singapura (ZA), contoh lagi MKW24LL/A yang menunjukan bahwa iPhone tersebut berasal dari Amerika Serikat atau Kanada (LL).


Bagaimana Kualitas dari iPhone Ex Inter?

Karena sudah dalam status Ex/Bekas tentu kualitas produk tidak dapat dipastikan, untuk selengkapnya kalian bisa tanyakan sendiri ke si penjual tersebut.

Namun sedikit tips dari admin, apabila kalian ingin membeli iPhone Ex Inter usahakan iPhone tersebut masih dalam kondisi yang baik, sebagai contoh bukan refurbished/rekondisi abal-abal, lebih baik lagi kalau belum pernah dibongkar, battery health (BH) masih di atas 90%, semua fungsi normal, tidak tersangkut akun iCloud dan dapat menggunakan kartu SIM secara bebas (factory unlock). Jangan lupa minta juga garansi untuk berjaga-jaga :)

Baik itu saja informasi dari Arti dan Maksud dari iPhone Ex Inter dalam Jual Beli yang dapat admin sampaikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau mungkin ada yang mau membagikan pengalamannya menggunakan iPhone Ex Inter? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.