Cara Factory Reset iPhone 8, X, Xr, Xs, Xs Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max & SE 2020

Bagi kalian pengguna iPhone 8, iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max dan iPhone SE 2020 yang berniat untuk melakukan Factory Reset atau Mereset ulang iPhone kalian ke Pengaturan Pabrik. Pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-caranya langsung melalui iPhone kalian tanpa melalui komputer.


Namun sebelum melanjutkan kata "Reset" di sini dapat bermakna ganda, yaitu:

  • Reset "Hanya" Pengaturan: Khusus mengembalikan pengaturan pada iPhone ke pengaturan pabrik tanpa menghapus data
  • Reset "Total" ke Pengaturan Pabrik/Factory Reset: Seluruh data pada iPhone akan dihapus dan dikembalikan ke pengaturan pabrik layaknya iPhone baru

Nah, kalian ingin pilih reset yang mana? kalau begitu langsung saja pilih cara di bawah sesuai kebutuhan kalian:

Cara Reset Pengaturan iPhone 8, X, Xr, Xs, Xs Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max & SE 2020

Cara ini akan mengembalikkan seluruh pengaturan yang sudah dibuat/dimasukkan di iPhone. Seluruh data-data pribadi seperti foto, aplikasi, musik, dan lain sebagainya tidak akan dihapus.

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang

3. Jika sudah pilih menu Atur Ulang Pengaturan untuk me-reset pengaturan iPhone saja


Sebagai tambahan, apabila kalian hanya ingin mengatur ulang jaringan silakan pilih menu Atur Ulang Jaringan, atau jika ingin mengatur ulang susunan layar utama (pengaturan letak icon aplikasi) silakan pilih Atur Ulang Susunan Layar Utama, dan seterusnya.

Cara Reset Total/Factory Reset iPhone  8, X, Xr, Xs, Xs Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max & SE 2020

Cara-cara ini akan mengembalikan seluruh pengaturan serta menghapus data-data yang ada pada iPhone sehingga menjadikan iPhone seperti baru kembali.

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone

3. Kemudian pilih menu Hapus Konten & Pengaturan lalu tap Lanjutkan dan ikuti prosesnya hingga selesai


Kalian juga akan diminta untuk memasukkan password iCloud yang ada pada iPhone tersebut untuk konfirmasi. Ingat, setelah direset dan dihapus seperi baru lagi, iPhone tidak akan terhubung dengan akun iCloud yang sebelumnya telah dikeluarkan.

Baik itu saja informasi cara Factory Reset, Reset Pengaturan Pabrik ataupun Reset Pengaturan pada iPhone 8, iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max dan iPhone SE 2020. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.