Cara Factory Reset / Reset Ulang iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro & 12 Pro Max

Bagi kalian pengguna iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max yang berniat untuk melakukan Factory Reset atau Mereset ulang iPhone kalian ke Pengaturan Pabrik. Pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-caranya langsung melalui iPhone kalian (tanpa komputer).


Namun sebelum melanjutkan kata "Reset" disini bisa bermakna ganda, yaitu:

  • Reset "Hanya" Pengaturan: Khusus mengembalikan pengaturan pada iPhone ke pengaturan pabrik tanpa menghapus data
  • Reset "Total" ke Pengaturan Pabrik / Factory Reset: Seluruh data pada iPhone akan dihapus dan dikembalikan ke pengaturan pabrik layaknya iPhone baru

Nah kalian ingin pilih yang mana? kalau begitu langsung saja pilih cara di bawah sesuai keinginan kalian:

Cara Reset Pengaturan iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro & 12 Pro Max

Cara ini hanya akan mengembalikan pengaturan pada iPhone kalian ke pengaturan pabrik / factory setting tanpa menghapus data. Cara ini cocok diterapkan apabila ada kesalahan pengaturan yang terjadi pada iPhone dan kalian ingin mengembalikan pengaturan tersebut layaknya bawaan pabrik.

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang

3. Jika sudah pilih menu Atur Ulang Pengaturan untuk me-reset pengaturan iPhone saja


Sebagai tambahan, apabila kalian hanya ingin mengatur ulang jaringan silakan pilih menu Atur Ulang Jaringan, atau jika ingin mengatur ulang susunan layar utama (pengaturan letak icon aplikasi) silakan pilih Atur Ulang Susunan Layar Utama, dan seterusnya.

Cara Reset Total / Factory Reset iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro & 12 Pro Max

Cara-cara ini akan mengembalikan seluruh pengaturan serta menghapus data-data yang ada pada iPhone sehingga menjadikan iPhone seperti baru kembali.

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone

3. Kemudian pilih menu Hapus Konten & Pengaturan lalu tap Lanjutkan dan ikuti prosesnya hingga selesai


Kalian juga akan diminta untuk memasukkan password iCloud yang ada pada iPhone tersebut untuk konfirmasi. Ingat, setelah direset dan dihapus seperi baru lagi, iPhone tidak akan terhubung dengan akun iCloud yang sebelumnya telah dikeluarkan

Baik itu saja informasi cara Factory Reset, Reset Pengaturan Pabrik ataupun Reset Pengaturan pada iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)