Cara Download Update iOS dengan Data Seluler / Tanpa WiFi

Biasanya untuk download dan install update iOS pada iPhone, iPad maupun iPod touch, kita membutuhkan koneksi internet dari jaringan WiFi, yang mana tidak semua orang memiliki akses ke jaringan WiFi disetiap waktu.


Kabar baiknya untuk saat ini Apple telah mengizinkan penggunanya untuk download dan install update iOS melalui sambungan data seluler, yang artinya kalian dapat langsung mendownload update iOS langsung di iPhone kalian tanpa membutuhkan WiFi dan Komputer.

Namun kabar buruknya, untuk saat ini hal tersebut hanya dapat dilakukan bagi pengguna iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max atau lebih baru yang sudah mendukung dan menggunakan jaringan 5G.

Mengingat jaringan 5G untuk saat ini belum tersedia secara umum di Indonesia, jadi apabila iPhone yang kalian gunakan belum mendukung dan menggunakan jaringan 5G, maka cara ini tidak atau belum bisa kalian terapkan.

Cara Download Update iOS dengan Data Seluler / Tanpa WiFi / Tanpa Komputer

#1 : Pastikan iPhone kalian sudah mendukung dan menggunakan jaringan internet 5G, jika belum silakan aktifkan melalui Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara & Data > 5G Otomatis / On (silakan nyalakan mode pesawat dan matikan kembali untuk melihat perubahan)

#2 : Jika sudah langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Seluler > Pengaturan Data Seluler > Mode Data

#3 : Sekarang pilih menu Izinkan Lebih Banyak Data pada 5G / Allow More Data on 5G


#4 : Terakhir silakan download dan install update iOS kalian seperti biasanya 

Informasi Pilihan Mode Data:

  • Izinkan Lebih Banyak Data pada 5G: menu ini akan mengizinkan aplikasi maupun sistem, untuk menggunakan data seluler yang lebih banyak, contohnya seperti download update iOS, meningkatkan kualitas FaceTime, Apple TV, Lagu dan Video Apple Music, hingga aplikasi pihak ketiga lainnya yang kalian gunakan.
  • Standar: menu ini merupakan mode yang secara bawaan digunakan saat mengaktifkan jaringan 5G. Pada mode ini data seluler akan digunakan sewajarnya seperti memperbarui latar belakang dan mengatur kualitas layanan ke Standar saja.
  • Mode Data Rendah: menu ini akan membantu untuk menghemat penggunaan data seluler, seperti menonaktifkan pembaruan di latar belakang, download otomatis dan lain sebagainya.

Untuk saat ini ada beberapa kekurangan yang akan kalian dapatkan selama menggunakan jaringan 5G seperti baterai yang lebih cepat habis, penggunaan kuota internet yang lebih boros sampai belum stabilnya jaringan 5G.

Namun selebihnya kalian dapat merasakan pengalaman menggunakan layanan berkualitas tinggi layaknya menggunakan koneksi internet dari WiFi.

Baik itu saja cara-cara download update iOS dengan / menggunakan data seluler (tanpa WiFi dan tanpa Komputer). Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)