Cara Mengatasi iPhone cepat Panas Saat Bermain PUBG Mobile

Siapa sih gamer yang saat ini tidak kenal dengan game PUBG (PlayerUnknown's Battlegrounds)? ya game yang awalnya tersedia untuk PC sekarang sudah dapat kalian mainkan dibanyak platform termasuk iPhone.


Namun tidak sedikit pengguna iPhone yang mengeluhkan saat menjalankan game PUBG, panas yang dihasilkan oleh iPhone mereka meningkat sehingga timbul kekhawatiran akan dampak dari panas tersebut.

Lalu apa sih penyebab iPhone yang cepat panas saat bermain PUBG dan bagaimana cara mengatasinya?

Kurangi Kualitas Grafik

Perlu diketahui iPhone akan bekerja jauh lebih keras dan menggunakan banyak daya ketika kalian menggunakan pengaturan kualitas tinggi dalam game PUBG. Akibatnya iPhone menjadi lebih cepat panas dan daya tahan baterai juga ikut menurun. Untuk mengatasi hal ini kalian disarankan untuk menurunkan kualitas Grafik dalam game PUBG.

Saran admin gunakan pengaturan kualitas Grafik serendah-rendahnya dan atur pengaturan laju bingkai ke Sedang atau Tinggi sesuai dengan kenyamanan kalian.


Apabila memadai kalian bisa menggunakan pengaturan Halus dan Ekstrem untuk pengalaman bermain yang lebih baik namun dapat menekan panas berlebih.

Selain itu sangat disarankan juga untuk menonaktifkan juga fitur Anti-alias (sangat berpengaruh) dan Bayangan (optional).


Tutup Semua Aplikasi Sebelum Bermain

Pastikan sebelum bermain PUBG silakan tutup semua aplikasi di latar belakang yang sudah tidak digunakan, tujuannya agar tidak membebani kinerja iPhone.

Turunkan Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang terlalu tinggi akan meningkatkan panas yang dihasilkan oleh iPhone, terutama saat bermain game. Mengurangi kecerahan layar dapat menekan panas pada iPhone menjadi lebih rendah.

Atau kalian juga bisa menggunakan Kecerahan Otomatis agar iPhone dapat menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi cahaya sekitar. Caranya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesbilitas > Layar dan Ukuran Teks > Kecerahan Otomatis.

Update Game ke Versi Terbaru

Pastikan kalian selalu menggunakan versi game PUBG paling terbaru (rutin cek update secara berkala melalui App Store). Biasanya dalam update PUBG terbaru disertai juga dengan pengoptimalan performa yang juga berdampak pada pengurangan panas saat bermain PUBG.

Bermain di Dalam Ruangan

Bermain di dalam ruangan dengan sangat direkomendasikan dibandingkan harus bermain di luar ruangan dengan kondisi cahaya yang sangat terang (contohnya ketika siang hari dan terpapar sinar matahari). Sebab secara otomatis kecerahan layar pada iPhone harus ditingkatkan agar layar dapat terlihat dengan jelas, bahkan apabila kalian menggunakan kecerahan otomatis biasanya tingkat kecerahan layar akan ditingkatkan hingga ke paling tinggi.

Jadi disarankan untuk bermain game PUBG (serta game lainnya juga) di dalam ruangan dengan kondisi cahaya yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap juga, agar kalian tidak perlu menggunakan kecerahan layar yang tinggi sehingga panas pada iPhone dapat ditekan lebih rendah.

Selain itu pastikan kondisi suhu dalam ruangan juga teraliri udara segar sehingga iPhone dapat lebih cepat membuang panas (ruangan AC sangat baik untuk menekan panas iPhone)

Jangan Dimainkan Sambil Dicas

Sering bermain PUBG sambil dicas? saat ini jika ingin iPhone kalian lebih dingin dan baterainya lebih awet, hindari kebiasaan tersebut. Sebab iPhone dan baterainya akan bekerja lebih keras ketika dicas sambil dimainkan. Selain panas dampak jangka panjangnya juga akan memengaruhi kesehatan baterai pada iPhone yang lebih cepat menurun.

Gunakan Earphone / Headset

Dibandingkan menggunakan Speaker iPhone untuk suara yang dihasilkan oleh PUBG, Earphone akan membantu iPhone dalam menghemat penggunaan baterai sehingga dapat menekan panas agar lebih rendah lagi.

Gunakan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah akan membatasi performa dari iPhone, mengurangi kecerahan layar ataupun menonaktifkan aktivitas latar belakang yang tidak diperlukan dengan tujuan untuk menghemat penggunaan baterai iPhone.

Disamping itu mode ini dapat kalian gunakan juga untuk tujuan mengurangi panas dan menekan penggunaan baterai saat bermain PUBG. Namun apabila selama menggunakan mode ini game PUBG menjadi kurang lancar, tentu kalian bisa menonaktifkannya kembali dan mengikuti saran selanjutnya.

Lepas Case Saat Bermain

Nah ini bisa menjadi salah satu pilihan agar iPhone kalian dapat membuang panas lebih cepat, yaitu dengan melepas case saat bermain PUBG. Selain itu perhatikan juga suhu ruangan tempat kalian bermain.

Cek Kesehatan Baterai

Apabila cara-cara di atas tidak juga membantu dan iPhone kalian mengalami panas berlebih saat bermain PUBG, bahkan tidak jarang game sering keluar sendiri hingga iPhone yang suka restart tiba-tiba. Silakan cek Kesehatan Baterai pada iPhone kalian melalui Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai > Kapasitas Maksimum.

Kesehatan Baterai yang sudah mulai menandakan kerusakan dan perlu diganti (biasanya berada dibawah angka 75% atau lebih rendah) dapat menjadi penyebab iPhone yang cepat mengalami panas saat bermain PUBG hingga iPhone yang suka restart dengan sendirinya. Jika sudah begitu mengganti baterai dengan yang baru adalah pilihan yang tepat.

Baik itu saja informasi cara mengatasi iPhone cepat panas saat digunakan untuk bermain game PUBG. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau mungkin ada yang mau menambahkan? langsung saja tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)