Cara Mengatasi iPhone 12, 12 Mini & 12 Pro Tiada Layanan / No Service

Bagi kalian pengguna iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max yang mengalami masalah jaringan Tiada Layanan atau No Service. Pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-cara mengatasinya.


Sebelum melanjutkan perlu diketahui bahwa tanda Tiada Layanan atau No Service biasanya mengindikasikan bahwa iPhone tidak dapat menemukan atau mendapatkan jaringan, entah karena lemahnya jaringan sekitar, kartu SIM terblokir hingga masalah lainnya. Kalau begitu langsung saja ikuti beberapa cara berikut untuk mengatasi masalah tersebut.

Nyalakan lalu Matikan Mode Pesawat/Airplane Mode

Metode ini digunakan untuk merestart kembali jaringan sehingga iPhone dapat memulai kembali mencari dan mendapatkan jaringan yang lebih baik.

Caranya silakan buka aplikasi pengaturan / pusat kontrol kemudian nyalakan mode pesawat (ikon pesawat) lalu tunggu beberapa saat dan matikan kembali. Jika sudah iPhone akan memulai mencari jaringan yang lebih baik.


Restart iPhone

Silakan coba untuk melakukan restart / memulai ulang iPhone kalian, sederhanya silakan matikan iPhone kemudian nyalakan lagi (tekan tombol Power / Lock bersamaan dengan Volume Bawah atau Atas)

Atau gunakan cara cepat dengan Force Restart, caranya:

  1. Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  3. Sekarang Tekan dan Tahan tombol Ppower / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (restart)

Apabila sudah restart silakan lihat hasilnya.

Ganti Mode Data

Jajaran iPhone 12 sudah mendukung jaringan 5G, meskipun begitu sampai saat postingan ini ditulis jaringan 5G di Indonesia belum tersedia untuk publik. Nah untuk itu pastikan kalian telah menggunakan mode data 4G / LTE, setidaknya sampai 5G dirilis atau nantinya kalian kembali ke lokasi dengan jaringan 5G yang memadai.

Untuk cara mengganti mode data silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara dan Data lalu pilih menu LTE.

Terakhir silakan nyalakan dan matikan kembali mode pesawat untuk menyegarkan jaringan.

Cek Kondisi Jaringan Sekitar

Salah satu penyebab utama lainnya Tiada Layanan / No Service, seringkali diakibatkan oleh cuaca yang sedang buruk, berada ditempat yang sulit mendapatkan sinyal, telah terjadi pemadaman listrik atau mungkin adanya gangguan dari operator.

Untuk memastikan kondisi tersebut cek juga smartphone lainnya milik teman atau keluarga yang sedang berada disekitar kalian (terutama dengan operator yang sama dengan yang kalian gunakan) dan lihat apakah mendapatkan jaringan juga? jika tidak maka bisa dipastikan bahwa hal tersebut diakibatkan oleh jaringan yang sedang bermasalah dan bukan kesalahan pada iPhone.

Cabut Kartu SIM, Bersihkan, dan Pasang Kembali

Kartu SIM yang kendur atau mungkin kotor bisa juga menjadi penyebab tiada layanan, untuk mengatasinya coba keluarkan kartu SIM, bersihkan dengan kain yang halus dan kering, lalu pasang kembali dan lihat hasilnya.

Tukar dengan Kartu SIM Lainnya

Admin sendiri pernah memasang kartu SIM yang sudah lama admin simpan dan hasilnya Tiada Layanan / No Service, namun saat dicoba menggunakan kartu SIM baru hasilnya jaringan dapat terdeteksi. Usut punya usut ternyata kartu SIM admin yang lama sudah tidak aktif / mati (karena sudah tidak diisi pulsa lagi hehe).

Sedangkan untuk kalian sendiri yang sudah yakin apabila tidak ada masalah dengan kondisi jaringan disekitar kalian, silakan coba menggunakan kartu SIM lainnya atau kartu SIM baru. Apabila terdeteksi dan berjalan baik, biasanya masalah datang dari kartu SIM yang sebelumnya.

Satu lagi, apabila kalian menggunakan kartu SIM baru, jangan lupa ya untuk segera mendaftarkan kartu kalian menggunakan KK. Selengkapnya bisa kalian tanyakan ke operator masing-masing.

Reset Pengaturan Jaringan

Apabila cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil, kalian dapat mereset atau mengatur ulang pengaturan jaringan di iPhone kalian ke pengaturan pabrik. Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih menu Atur Ulang Jaringan.


Cek Pengaturan Tanggal

Untuk memastikan jaringan dan sistem pada iPhone dapat berjalan dengan baik, pastikan tanggal di iPhone kalian sudah diatur ke tanggal yang benar. Untuk memastikannya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Tanggal dan Waktu lalu nyalakan menu Atur Secara Otomatis.

Reset Seluruh Pengaturan iPhone

Masih belum berhasil? kalian bisa mencoba mereset seluruh pengaturan pada iPhone kalian ke pengaturan pabik (tanpa menghapus data). Caranya? silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih menu Atur Ulang Pengaturan.

Update ke iOS versi Terbaru

Terakhir kalian bisa mencoba mengupdate versi iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Caranya silakan siapkan koneksi internet dari WiFi dan hubungkan iPhone ke pengisian daya (dicas), lalu buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, apabila tersedia silakan download dan install pembaruan tersebut.

Sudah mengikuti semua saran di atas namun iPhone tidak juga menampilkan Tiada Layanan / No Service? saran admin silakan bawa iPhone tersebut ke service center Apple untuk diperiksa lebih lanjut apa penyebabnya.

Baik itu saja cara-cara mengatasi iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max yang menampilkan pesan Tiada Layanan / No Service. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)