Apa Arti dan Maksud dari 3uTools Hijau / Merah pada iPhone?

Pernahkah kalian menemukan iPhone yang dijual dengan tambahan keterangan seperti: 3uTools Hijau, 3uTools Aman, Skor 3uTools 100 (98, 95, 90 atau lebih rendah), 3uTools ada Merah, 3uTools Minus Layar, 3uTools minus Baterai dan lain sebagainya?


Lalu apa sih itu 3uTools dan hubungannya dengan iPhone? lalu apa arti atau maksud dari semuanya itu?


Apa itu 3uTools pada iPhone?

3uTools merupakan aplikasi komputer yang digunakan untuk mendeteksi keaslian komponen pada iPhone, apakah masih asli bawaannya atau sudah pernah diganti (termasuk juga iPad dan iPod touch).

Cara kerjanya sederhana, aplikasi 3uTools akan mencocokan nomor seri pada setiap komponen dalam iPhone dengan nomor seri yang seharusnya (bawaan pabrik). Apabila terdeksi cocok maka komponen tersebut ditetapkan masih asli bawaan iPhone, namun apabila terdeteksi tidak cocok maka komponen tersebut artinya sudah pernah diganti dan dibongkar.

Maksud Warna Hijau dan Merah pada 3uTools (ada juga Orange)

Setiap komponen yang dideteksi masih asli bawaan iPhone (belum pernah diganti) akan ditampilkan dalam menu berwarna "Hijau", sedangkan apabila aplikasi 3uTools mendeteksi ada komponen yang sudah pernah diganti maka status dari komponen tersebut akan ditampilkan dalam warna "Merah".

Contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah yang menunjukan hasil test iPhone menggunakan 3uTools.


Dalam laporan 3uTools di atas menunjukan bahwa komponen yang masih asli dan belum pernah diganti akan menghasilkan status Normal berwarna Hijau. Sedangkan komponen yang sudah pernah diganti akan ditampilan dalam status *****may be changed berwarna Merah.

Nah indikator Hijau inilah yang seringkali digunakan oleh penjual untuk mendeskripsikan bahwa iPhone tersebut belum pernah diservice atau diganti komponennya. Sedangkan warna Merah mengindikasikan bahwa ada salah satu komponen yang sudah pernah diganti.

Namun bukan hanya kedua warna itu saja, ada juga warna "Orange/Oren" yang menunjukan status bahwa iPhone tersebut merupakan iPhone Replacement resmi dari Apple.



Tentang Testing Skor 3uTools

Aplikasi 3uTools secara otomatis akan membuatkan laporan atau Testing Score, apabila iPhone tersebut terdeteksi belum pernah diganti komponennya sama sekali (dalam artian belum pernah diservice) maka 3uTools akan memberikan nilai 100.

Contoh gambar di bawah berikut menunjukan komponen pada iPhone yang masih asli semua dan belum pernah diganti, hasilnya aplikasi 3uTools akan memberikan testing skor 100.


Sedangkan apabila terdeteksi ada komponen yang sudah pernah diganti maka 3uTools akan memberikan skor lebih rendah, misalnya 98, 95, 90, 85 dan lain sebagainya tergantung seberapa banyak komponen yang diganti.

Khusus untuk iPhone Replacement Resmi dari Apple, biasanya 3uTools akan menampilkan skor sebesar 98 dan hal tersebut normal.

Cara Cek Sendiri iPhone Menggunakan 3uTools

Untuk cek kondisi iPhone menggunakan 3uTools caranya sangatlah mudah, namun ingat cara ini membutuhkan sebuah komputer.

Bagi yang ingin mengecek iPhonenya menggunakan 3uTools langsung saja lihat cara-cara lengkapnya melalui link berikut: Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah Dibongkar atau Service dengan 3uTools

Kesimpulan...

Nah sudah tau kan sekarang apa itu 3uTols, fungsinya dan hubungannya dengan iPhone yang dijual?

Intinya, 3uTools ini digunakan sebagai indikasi kondisi pada iPhone, apabila penjual memberikan deskripsi 3uTools Hijau semua itu pertanda iPhone belum pernah diganti komponennya sama sekali (masih asli dan belum pernah diservice). Sedangkan apabila 3uTools ada merahnya mengidikasikan salah satu komponen pada iPhone tersebut sudah pernah diganti dan diservice.

Bagaimana sudah paham dengan maksud 3uTools pada iPhone? oke itu saja informasi "Arti dan Maksud dari 3uTools Hijau pada iPhone". Apabila ada informasi yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah. Terima Kasih :D