Apa Arti dari BH / Battery Health pada iPhone?

Apakah kalian pernah menemukan istilah " BH " pada iPhone yang diikuti dengan angka dibelakangnya? arti BH disini bukan merujuk seperti pakaian yang seringkali digunakan oleh kaum perempuan, namun merupakan singkatan dari Battery Health.


Apa Arti dari BH / Battery Health?

BH atau Battery Health atau Kesehatan Baterai merupakan fitur / menu pada iPhone yang digunakan sebagai indikator kesehatan baterai. Kesehatan baterai ini mencakup daya yang masih dapat ditampung oleh baterai dan performanya dalam memenuhi kebutuhan untuk iPhone itu sendiri.

Menu BH / Battery Health ini dapat kalian lihat langsung pada iPhone maupun iPad melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai > Kapasitas Maksimum.


Penyebab utama turunnya Battery Health pada iPhone disebabkan oleh siklus penggunaan. Disamping itu terdapat juga faktor-faktor yang memengerahui cepatnya Battery Health ini menurun, seperti usia dari penggunaan iPhone, faktor pengisian daya dan faktor internal atau eksternal lainnya.

Dampak Semakin Kecilnya BH / Battery Health pada iPhone

Seperti yang diketahui baterai akan mengalami degradasi seiring dengan waktu penggunaan, proses dari degradasi inilah yang akan ditampilan oleh menu / fitur BH pada iPhone. Dampaknya sendiri beragam, salah satu dampak yang paling cepat terasa adalah waktu penggunaan yang lebih singkat, karena daya tampung baterai yang sudah terdegradasi / menurun.

Selain itu apabila angka BH pada iPhone semakin memburuk (biasanya di bawah 70%) terdapat sejumlah masalah serius yang muncul seperti:

  • Penggunaan yang jauh lebih singkat
  • iPhone dapat tiba-tiba mati / restart sendiri terutama saat menjalankan aplikasi berat
  • Performa iPhone menurun tiba-tiba
  • Membuka aplikasi akan terasa lebih lama
  • Sering keluar sendiri saat dalam aplikasi
  • iPhone menjadi lebih rentan untuk cepat panas
  • Baterai tiba-tiba habis padahal sebelumnya masih cukup banyak bahkan penuh
  • Kualitas kecerahan layar menurun
  • Level suara pada speaker menurun

Apabila iPhone mendeteksi Kesehatan Baterai yang semakin memburuk, iPhone secara otomatis akan mengaktifkan fitur Kemampuan Kinerja Puncak yang akan membatasi performa agar iPhone tidak mati secara tiba-tiba saat sedang digunakan.

Berapa Level BH pada iPhone yang Masih dalam Status Aman / Bagus?

Untuk level Battery Health yang masuk dalam kategori sangat bagus bahkan untuk penggunaan jangka panjang, yaitu di atas 90%. Sedangkan untuk level Battery Health yang masuk dalam kategori sudah harus segera diganti, yaitu sudah menyentuh angka di bawah 80%.

Nah bagaimana menurut kalian? jadi cukup penting ya untuk memperhatikan BH atau Battery Health pada iPhone agar performa, daya tahan baterai dan jangka penggunaan iPhone yang jauh lebih panjang

Baca Juga :