Cara Merawat Baterai iPhone agar Tidak Cepat Rusak, Bocor atau Kembung

Baterai merupakan salah satu komponen terpenting pada iPhone yang harus diperhatikan perawatannya, akan ada banyak masalah serius yang diakibatkan apabila baterai pada iPhone mengalami kerusakan atau penurunan kesehatan. Seperti contoh, penggunaan baterai yang lebih singkat, iPhone menjadi lebih cepat panas, sering restart atau mati tiba-tiba, sering mengalami hang / lag / freeze dan lain sebagainya.


Lalu apa sajakah yang menyebabkan baterai pada iPhone cepat mengalami kerusakan entah kembung, bocor, panas atau boros & cepat habis? dan bagaimana cara-cara mencegah dan mengatasinya?

Baca Juga : Ciri-Ciri dan Cara Cek Baterai iPhone Masih Bagus atau Tidak

Cek Kesehatan Baterai

Gejala kerusakan baterai pada iPhone bisa kalian lihat pada menu Kesehatan Baterai yang terdapat pada aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai > Kapasitas Maksimum. Apabila kesehatan baterai (kapasitas maksimum) telah menunjukkan angka di bawah 70% yang diikuti juga dengan peringatan:

iPhone ini telah dimatikan tiba-tiba karena baterai tidak dapat menghantarkan daya puncak yang diperlukan. Manajemen kinerja telah diterapkan untuk membantu mencegah ini terjadi kembali. Nonaktifkan…

Hal tersebut menandakan kesehatan baterai yang sudah mulai memburuk, sangat disarankan untuk segera mengganti baterai pada iPhone dengan baterai yang baru, dan pastikan baterai yang diganti tersebut merupakan baterai yang resmi dan asli dari Apple.

Baterai Kembung (bocor)

Dalam keadaan tertentu apabila kerusakan pada baterai sudah mulai masuk ke dalam masa terparahnya, kondisi fisik baterai akan menggelembung atau membesar (bocor). Dalam kondisi baterai yang sudah kembung tersebut dapat menyebabkan bayak sekali resiko seperti layar iPhone terangkat dan mengalami kerusakan permanen hingga meledak.

Tips Utama dalam Menjaga Kesehatan Baterai iPhone agar Tidak Cepat Rusak, Kembung atau Bocor

#1 : Hindari Panas Berlebih!

Panas adalah musuh utama baterai, semakin sering baterai terpapar kondisi panas yang ekstrem semakin cepat juga penurunan kesehatan baterainya. Apabila kondisi ini terus dibiarkan seiring dengan waktu dapat menyebabkan kerusakan permanen pada baterai.

#2 : Selalu Gunakan Charger yang Asli

Pastikan kalian menggunakan charger iPhone yang asli dari Apple, sebab tegangan dari charger yang tidak asli atau berkualitas rendah dapat menyebabkan kerusakan permanen pada baterai.

#3 : Hindari Menggunakan iPhone sambil Diisi Daya

Saat mengisi daya baterai pada iPhone akan bekerja dan menjadi sedikit lebih panas, jika digunakan sambil diisi daya tentu saja dapat menyebabkan panas yang berlebih pada baterai, sehingga berujung pada menurunnnya kualitas kesehatan baterai.

#4 : Hindari PowerBank Berkualitas Rendah

Tidak jarang banyak pengguna iPhone yang sembarangan saja dalam menggunakan Power Bank, padahal Power Bank dengan kualitas yang rendah kebanyakan tidak mampu memberikan tegangan yang stabil untuk iPhone sehingga apabila dibiarkan terus-menerus, hal tersebut dapat berdampak pada menurunnya kualitas kesehatan baterai iPhone.

#5 : Selalu Gunakan Baterai iPhone yang Asli

Apabila ingin mengganti baterai pada iPhone dengan baterai yang baru, usahakan sebisa mungkin gunakan baterai iPhone yang resmi dan asli dari Apple. Sebab menggunakan baterai tidak asli dan berkualitas rendah, memiliki resiko besar mengalami kerusakan yang lebih cepat bahkan dapat menurunkan kualitas komponen lainnya pada iPhone. Kebanyakan kasus baterai pada iPhone yang menggembung atau bocor biasanya datang dari baterai yang sudah tidak lagi asli.

Tips Agar Kesehatan Baterai iPhone Tidak Cepat Menurun

Untuk menghindari kesehatan baterai (kapasitas maksimum) iPhone yang cepat menurun, kalian bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Pastikan selalu menggunakan charger yang asli
  • Hindari memainkan iPhone sambil diisi daya
  • Hindari menggunakan iPhone terlalu lama pada suhu ruangan yang panas
  • Isi daya iPhone apabila level baterai sudah menunjukkan angka 20%
  • Apabila tidak dalam kondisi penting isi daya iPhone sampai 80% saja
  • Lepas case iPhone saat diisi daya untuk mengurangi panas
  • Gunakan 'kecerahan otomatis' atau kurangi kecerahan layar untuk menghemat penggunaan baterai
  • Gunakan juga 'Mode Daya Rendah' untuk menghemat penggunaan baterai
  • Selalu update versi iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia
  • Nonaktifkan 'Segarkan App di Latar' di Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar
  • Gunakan pengambilan data email terbaru secara manual melalui Pengaturan > Kata Sandi & Akun > Fetch Data Baru lalu pilih Secara Manual
  • Nonaktifkan Layanan Lokasi apabila tidak digunakan di Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi
  • Kurangi waktu kunci layar iPhone di Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Kunci-Otomatis
  • Nonaktifkan update aplikasi otomatis di Pengaturan > iTunes & App Store

Baca Juga : Berapa Lama Waktu Kesehatan Baterai iPhone Biasanya Menurun?

Perlu diketahui kebanyakan baterai iPhone yang cepat rusak, kembung ataupun bocor diakibatkan oleh komponen baterai yang sudah tidak asli lagi atau sering terpapar suhu panas yang ekstrem. Jadi selalu pastikan apabila ingin mengganti komponen baterai pada iPhone, gunakanlah komponen baterai yang asli dan resmi dari Apple untuk menjaga kualitas iPhone kesayangan kalian juga mendapatkan pengalaman terbaik selama menggunakan iPhone tersebut.

Baik itu saja tips dan cara-cara merawat kesehatan baterai pada iPhone agar tidak cepat Rusak, Bocor apalagi Kembung (membesar). Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Baca Juga : Resiko Mengganti Baterai iPhone Dengan Yang Tidak Asli / KW / Palsu / OEM