Cara Mengatasi Tombol Home iPhone Tiba-tiba Tidak Berfungsi / Bekerja

Peran Tombol Home khususnya pada iPhone 6, iPhone 6S, iPhone 7, iPhone 8 ataupun iPhone SE sangatlah penting, selain sebagai menu untuk kembali atau pindah ke aplikasi lainnya, tombol Home juga merupakan tempat dimana fitur pemindai sidik jari / fingerprint berada.


Beberapa waktu yang lalu iPhone 7 admin sendiri mengalami masalah dimana tombol Home tidak dapat ditekan (keras) dan tidak bekerja merespon sentuhkan sama sekali. Usut punya usut ternyata masalah yang admin alami diakibatkan oleh bug pada iOS dan dapat diatasi dengan sangat mudah.

Baca Juga : Trik Bernavigasi di iPhone 6S, 7 dan 8 ala iPhone X Tanpa Tombol Home

Perlu diketahui dimulai dari iPhone 6S atau lebih baru, Apple mulai menggunakan tombol virtual dengan getaran haptic sebagai sensasi tekanan tombol. Jadi ketika kalian menekan tombol Home sebenarnya kalian tidak benar-benar menekannya hingga tertekan masuk, melainkan iPhone akan mengirimkan sinyal getaran haptic seolah-olah tombol tersebut tertekan.

Nah untuk memperbaiki masalah tombol Home yang tidak bekerja atau berfungsi sama sekali, kalian bisa mengikuti beberapa cara berikut ini:

Force Restart iPhone

Cara ini biasanya bekerja dengan baik pada iPhone 6S atau lebih baru, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini:

Khusus pengguna iPhone 6, 6 Plus, 6S, 6S Plus dan SE 2016:


  • Tekan dan Tahan tombol Power / Samping bersamaan dengan tombol Home hingga iPhone Restart
  • Apabila tombol Home sama sekali tidak dapat ditekan silakan tekan dan tahan tombol Power / Samping kemudian matikan iPhone, jika sudah silakan nyalakan kembali

Khusus pengguna iPhone 7 dan 7 Plus:

  • Tekan dan Tahan tombol Power / Samping bersamaan dengan tombol Volume Bawah hingga iPhone Restart

Khusus pengguna iPhone 8, 8 Plus dan SE 2020

  • (lakukan dengan tempo yang agak cepat), pertama tekan tombol Volume Atas (lalu lepas) kemudian tekan tombol Volume Bawah (lalu lepas) yang terakhir silakan tekan dan tahan tombol Power / Samping hingga iPhone restart

Apabila benar masalah tombol home yang kalian alami diakibatkan oleh Bug, maka ketika iPhone kembali menyala setelah di restart, tombol Home akan kembali berfungsi dengan normal.

Ubah Haptik tombol Utama

Selanjutnya kalian bisa mencoba mengubah pengaturan Haptik Tombol Utama, caranya silakan buka aplikasi Pengaturan kemudian masuk ke menu Umum > Tombol Utama lalu silakan ubah pengaturan ke nomor 3, apabila belum berhasil coba semua menu antara 1, 2 atau 3. Jika tidak juga membuahkan hasil, langsung saja ke cara selanjutnya di bawah berikut.

Update ke iOS terbaru

Untuk mencegah dan mengoptimalkan apabila terdapat bug yang menyebabkan tombol home tidak bekerja, pastikan kalian telah menggunakan iOS versi terbaru, silakan update melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak (gunakan jaringan WiFi untuk download update).

Apabila Terendam Air

Jika tombol Home tidak bekerja akibat terendam air, silakan dikeringkan terlebih dahulu sebelum mencobanya kembali. Apabila memungkinkan silakan buka iPhone tersebut atau bawa ke ahlinya untuk mempercepat pengeringan iPhone.

Reset Pengaturan iPhone

Salah satu opsi terakhir yang dapat kalian coba adalah dengan mereset seluruh pengaturan pada iPhone, namun ingat cara ini tidak akan menghapus data-data pada iPhone kalian. Kalau begitu langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih menu Atur Ulang Pengaturan.

Solusi Terakhir

Apabila cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil, ada kemungkinan besar tombol home pada iPhone kalian memang sedang bermasalah, silakan bawa ke service center resmi Apple di Indonesia atau ke toko service smartphone di daerah kalian yang telah terpecaya agar bisa diperiksa lebih lanjut penyebabnya.

Sebagai solusi pengganti tombol Home, kalian bisa menggunakan AssistiveTouch yang merupakan tombol Home virtual, untuk mengaktifkan AssisitiveTouch silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > AssisitiveTouh lalu nyalakan menu AssistiveTouch.

Baca Juga : 5 Cara Unik Menyalakan iPhone Tanpa Tombol Power atau Home

Sedangkan khusus bagi pengguna iPhone dengan tombol Home fisik seperti iPhone 4S, 5, 5C, 5S atau 6, biasanya sebagian besar masalah tombol Home yang tidak bekerja, memang telah mengalami keruskan fisik. Mau tidak mau untuk memperbaikinya harus di bawa ke teknisi khusus smartphone yang sudah terpercaya.