Trik Bernavigasi di iPhone 6S, 7 dan 8 ala iPhone X Tanpa Tombol Home

Bagi kalian pengguna iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, apakah kalian tahu kalau iPhone kalian bisa bernavigasi tanpa tombol home maupun bantuan assistive touch layaknya menggunakan navigasi gestur yang ada pada iPhone X?


Ya, berkat adanya fitur 3D Touch pada iPhone 6S hingga iPhone 8, kalian bisa melakukan navigasi tanpa menggunakan tombol Home maupun AssistiveTouch. Namun navigasi ini hanya terbatas pada tampilan aplikasi yang berbentuk portrait (lurus berdiri) saja, jika aplikasi dalam keadaan landscape (tidur miring) maka navigasi ini tidak akan bisa digunakan.

Lalu bagaimana caranya? mudah sekali langsung saja ikuti tutorialnya berikut ini.

Cara Navigasi di iPhone 6S, 7 dan 8 layaknya iPhone X

#1 : Pertama pastikan kalian berada di layar utama atau dalam aplikasi (namun pastikan aplikasi dalam keadaan layar portrait / berdiri)

#2 : Jika sudah silahkan Tekan dan Tahan agak keras bagian paling ujung samping layar sebelah kiri (pinggiran layar)


#3 : Jika sudah muncul getaran langsung seret jari kalian ke arah tengah dan lihat hasilnya


#4 : Selanjutnya kalian bisa memilih ingin pindah ke aplikasi yang mana atau tap sembarang tempat untuk keluar

#5 : Kalian juga dapat berpindah aplikasi dengan cepat menggunakan cara diatas, untuk lebih spesifiknya silahkan :

Tekan bagian pinggir ujung samping layar agak keras kemudian jika sudah muncul getaran pada layar langsung seret penuh jari kalian sampai ke ujung arah kanan layar



Bagaimana menurut kalian? ya, meskipun tidak mirip-mirip banget dengan iPhone X namun untuk bernavigasi pindah aplikasi dengan cepat hingga keluar masuk aplikasi, tentu fungsinya bisa disamakan juga dengan navigasi yang ada pada iPhone X.

Kekurangannya ya itu tadi, hanya aplikasi dengan tampilan portrait / berdiri saja yang dapat digunakan untuk bernavigasi dengan cara diatas dan prosesnya pun tidak secepat navigasi di iPhone X.

Bagi pengguna iPhone 5S, 6, 6S, 7 dan 8 yang sudah di jailbreak kalian bisa menggunakan tweak Little11 untuk membuat homebar navigasi gestur yang 100% mirip iPhone X, caranya? silahkan paca pada postingan berikut : Dapatkan Gesture iPhone X di iPhone 5S, 6, 7 dan 8 Dengan Little11

Alternatif Lainnya

Untuk bernavigasi lainnya tanpa tombol Home, kalian bisa memanfaatkan fitur AssistiveTouch, yaitu sebuah menu tombol melayang pada layar yang dapat digunakan untuk berpindah aplikasi, membuka pusat kontrol, panel notifikasi, screenshot dan lain sebagainya.

Bagaimana mengaktifkannya? silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksibilitas > Sentuh > AssistiveTouch lalu nyalakan menu AssistiveTouch. Jika sudah maka kalian bisa membuka icon kotak kecil yang melayang pada layar untuk digunakan sebagai pengganti navigasi tombol.


Baik sekian trik bernavigasi di iPhone 6S, 7 dan 8 ala iPhone X Tanpa Tombol Home. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau mungkin kalian punya trik lainnya? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.