Dapatkan Gesture iPhone X di iPhone 5S, 6, 7 dan 8 Dengan Little11

Gesture merupakan salah satu sistem navigasi yang diperkenalkan oleh Apple untuk pertama kalinya pada iPhone X, hingga saat inipun gesture masih tetap digunakan pada iPhone keluaran terbaru. Sebagai pengganti tombol Home, gesture merupakan salah satu sistem yang paling sederhana, cepat dan efisien. Kalian hanya perlu menarik gesture keatas sebagai navigasi keluar, pindah aplikasi dan mengakses multitask.


Nah bagi kalian pengguna iPhone dengan tombol Home seperti iPhone 5S, iPhone 6 hingga iPhone 8 kalian juga bisa kok merasakan gesture di iPhone kalian. Namun syaratnya iPhone haruslah sudah dalam keadaan di Jailbreak. Bagi yang belum jailbreak dan berniat untuk jailbreak, kalian bisa baca informasinya pada postingan berikut : UPDATE: Status Ketersediaan Jailbreak iOS iPhone dan iPadOS iPad Saat Ini

Sekarang saya anggap iPhone kalian sudah di jailbreak ya, kalau begitu langsung saja kita akan menginstall salah satu tweak berikut LittleX, LittleXS atau Little11. Apa beda dari ketiganya?

  • LittleX : khusus bagi yang menggunakan iOS 11
  • LittleXS : khusus bagi yang menggunkaan iOS 12
  • Little11 : khusus bagi yang menggunakan iOS 13

Tweak ini kompatibel untuk semua iPhone dengan tombol Home, seperti : iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Tweak ini juga bisa kalian dapatkan secara gratis pada repo Packix, untuk cara installnya langsung ikuti tutorial berikut :

#1 : Buka aplikasi manajemen jailbreak kalian kemudian buka menu Source lalu pilih repo Packix > All Packages lalu cari tweak sesuai iOS yang kalian gunakan, misalnya pengguna iOS 13 gunakan Little11 atau pengguna iOS 12 gunakan LittleXS.

Catatan jika tidak terdapat repo Packix silahkan tambahkan sendiri, caranya tap Edit > Add pada menu Sources lalu masukkan alamat berikut : repo.packix.com 
dan tap Add Source.

#2 : Setelah itu tap install dan tunggu hingga prosesnya selesai lalu tap Restart Springboard.

#3 : Jika sudah sekarang coba swipe menggunakan gestur seperti di iPhone X dan lihat hasilnya.

Untuk mengatur gestur ini entah menampilkan homebar dan lain sebagianya, silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > LittleX / XS / 11.

Sebagai informasi, untuk kedepannya mungkin tweak-tweak ini akan berganti nama karena kompatabilitas iOS dan lain sebagainya. Kalian dapat mengeskplorasi sendiri repo-repo yang terdapat pada menu Sources seperti Packix, untuk mencari tweak yang kalian inginkan dan jangan lupa untuk membaca deskripsi tweak tersebut sebelum di install.

Baik sekian informasi kali ini, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!