Cara Mengatasi Suara Speaker iPhone Pecah dan Tidak Jelas

Pecah atau tidak jelasnya suara yang keluar dari speaker iPhone dapat diakibatkan oleh banyak hal. Dalam banyak kasus biasanya diakibatkan karena iPhone yang baru saja terendam ke dalam air, terbentur keras karena terjatuh dari ketinggian, komponen speaker pada iPhone yang memang sudah mulai rusak dan masih banyak kemungkinan lainnya.


Sebelum memastikan bahwa komponen speaker pada iPhone kalian yang bermasalah, kalian dapat mencoba beberapa hal berikut ini untuk memperbaikinya.

Restart iPhone

Cara pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan melakukan Restart pada iPhone kalian. Sederhananya silahkan matikan iPhone selama sekitar satu atau dua menit kemudian nyalakan kembali dan lihat hasilnya.

Bersihkan Lubang Port Speaker

Lubang dimana suara dari speaker keluar bisa jadi kotor karena tersumbat debu atau kotoran lainnya. Silahkan bersihkan lubang port speaker iPhone kalian menggunakan kuas kecil yang sangat halus secara perlahan. Jika sudah coba cek kembali hasilnya.

Gambar letak speaker pada iphone

Jika Speaker Pecah Akibat Terendam Air

Jika speaker iPhone kalian pecah dan menjadi tidak jelas akibat terendam dalam air, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah memastikan iPhone kalian sudah kering terlebih dahulu. Terutama di bagian port atau lubang dimana speaker berada, karena air yang masih berada pada lubang speaker dapat mengganggu suara yang akan keluar sehingga menjadi pecah dan tidak jelas.


Update ke iOS Versi Terbaru

Mengupdate ke iOS terbaru juga dapat memperbaiki masalah bug pada iOS ataupun maningkatkan manajemen daya pada iPhone. Coba update iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru jika tersedia, melalui menu Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Pastikan kalian menyisakan baterai minimal 50% dan gunakan Wi-Fi untuk internet yang lebih stabil.


Cek Kesehatan Baterai

Dalam beberapa kasus tertentu suara pecah dan tidak jelas yang keluar speaker iPhone, dapat diakibatkan oleh kualitas dan kesehatan baterai yang sudah sangat buruk. Untuk memastikan hal ini kalian dapat cek sendiri apakah suara speaker kembali normal atau tidak saat sedang diisi daya maupun saat baterai dalam keadaan penuh saja.


Silahkan cek juga kesehatan baterai kalian pada aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai. Apabila ditemukan kesehatan baterai ( kapasitas maksimum ) sudah menyentuh angka dibawah 60% bahkan 50%, kalian dapat mencoba mengganti baterai tersebut ke yang baru dan mencobanya kembali. Kesehatan baterai iPhone yang memburuk biasanya diikuti juga dengan pengalaman dalam menggunakan iPhone yang ikut memburuk. Misalnya saja sering mengalami lag, iPhone mati atau restart tiba-tiba dan lain sebagainya.


Speaker iPhone Sudah Rusak

Meskipun jarang terjadi namun kerusakan pada komponen speaker pada iPhone bisa saja terjadi. Untuk mengecek dan mengganti speaker iPhone kalian silahkan bawa iPhone ke Authorized Service Center Apple di Indonesia atau garansikan jika masih dalam masa garansi.

Baik sekian informasi cara memperbaiki atau mengatasi suara speaker pada iPhone yang pecah dan tidak jelas. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!

Baca Juga : Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah di Bongkar atau Service