Apa yang Harus dan Jangan Dilakukan Jika iPhone Terendam Air

Jika iPhone kalian terkena air entah itu terendam, terciprat atau ketumpahan cairan, hal yang pertama kalian harus lakukan tentu saja mengangkat iPhone tersebut dan dilap hingga kering, tapi bukan hanya itu saja dalam kasus terburuknya air atau cairan dapat masuk ke dalam komponen iPhone, jadi sekarang kita akan membahas apa yang sebaiknya dilakukan jika iPhone kalian terkena Air untuk memastikan dan mencegah agar iPhonenya tidak rusak.


Silahkan baca tips berikut untuk mengatasi jika iPhone kalian terendam atau terkenal air / cairan lainnya :

Peringatan!

  • Jangan Menggunakan Blower yang panas seperti HairDryer karena dapat menyebabkan komponen iPhone panas dan mengalami kerusakan, 
  • Jangan juga mengorek bagian port charger dengan bahan keras dan menghantar listrik seperti besi kecil atau benda tajam lainnya, cukup gunakan kipas atau jika ada kotoran didalamnya gunakan kapas kecil seperti Cotton Buds yang lembut.
  • Jangan dicas jika iPhone dalam keadaan basah atau saat proses pengeringan.

Baca baik-baik peringatan di atas untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada iPhone, jika sudah silahkan lanjutkan ke cara mengeringkat iPhone yang baru saja terendam air berikut :

1. Pertama Angkat dan Keringkan iPhone yang baru saja terendam air menggunakan handuk kering atau bahan kain yang mudah menyerap air

2. Jika memungkinkan silahkan matikan iPhone tersebut

3. Setelah dilap kering silahkan keringkan menggunakan kipas angin hingga benar-benar kering

4. Jika bagian terluar sudah benar-benar kering dan kalian melihat ternyata air berhasil masuk ke dalam iPhone silahkan copot Sim Traynya kemudian tiupkan dengan hembusan kipas angin, ingat jangan terlalu besar anginnya, diamkan hingga beberapa jam atau sampai iPhone benar-benar kering, hembuskan juga anginnya ke lubang port charger dan lubang speaker.

5. Dalam kasus terburuk jika terdapat bercak air di dalam layar atau kamera gunakan cara ke #4 di atas untuk waktu yang lebih lama.

6. Pastikan iPhone kalian sudah benar-benar dalam keadaan kering sebelum dinyalakan kembali dan digunakan seperti biasa.

7. Oh ya jika suara Speaker masih agak redup atau kresek-kresek gimana gitu seperti tertutup air silahkan hembuskan angin dari kipas ke bagian speaker iPhone sampai benar-benar kering.

Untuk kedepannya hindari iPhone untuk direndam dalam air, dibawa berenang, ditempatkan pada tempat sauna dengan uap tinggi, membongkar iPhone sendiri dan lain sebagainya.

Baik selamat mencoba dan jangan lupa lebih berhati-hati dalam menggunakan iPhone jangan sampai terendam air atau sengaja direndam, semua resiko ditanggung masing-masing.

[Referensi tambahan : Apple]