Cara Cek Apakah iPhone Pernah Kemasukan Air atau Tidak

iPhone yang kemasukan air tentu saja dapat menyebabkan beberapa masalah serius, mulai dari kerusakan pada layar, kamera hingga mesin iPhone itu sendiri. Untuk mengetahui apakah iPhone, iPad atau iPod kalian kemasukan air ataupun pernah kemasukan air, kalian dapat memanfaatkan dan melihat Indikator Water Damage.


Indikator Water Damage merupakan salah satu fitur pada iPhone yang digunakan untuk mengetahui apakah iPhone tersebut pernah kemasukan air atau tidak. Indikator ini memiliki tampilan putih kecil menyerupai kertas yang berada didalam dekat dengan sim tray iPhone. Apabila indikator yang aslinya berwarna putih tersebut terkena air, maka indikator tersebut akan berubah warna menjadi merah.

Nah disinilah bisa kita ketahui, apabila indikator tersebut berwarna merah artinya iPhone tersebut sudah pernah kemasukan air sebelumnya, namun apabila indikator tersebut masih menunjukan warna putih berarti iPhone tersebut belum pernah kemasukan air.

Lalu bagaimana cara melihat Indikator Water Damage tersebut? apakah iPhone harus dibongkar terlebih dahulu?

Kalian tidak perlu membongkar iPhone hanya untuk melihat indikator tersebut. Indikator ini dapat dilihat secara langsung melalui lubang sim tray pada iPhone, caranya?

#1 : Siapkan Sim Tray Ejector ( pin untuk mengeluarkan sim tray dari iPhone )

#2 : Selanjutnya silahkan keluarkan Sim Tray iPhone menggunakan Sim Tray Ejector

#3 : Sekarang siapkan senter bila perlu untuk melihat ke dalam lubang Sim Tray

iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max



iPhone 11


iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone X


iPhone XR


iPhone 8 dan iPhone 8 Plus


iPhone 7 dan iPhone 7 Plus


iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus


iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 5S dan iPhone SE


iPhone 4 dan iPhone 4S


Sumber Gambar : Apple

Agar lebih mudah kalian bisa melihat contoh video yang dibagikan Michael Klements berikut :


Bagaimana apakah indikator tersebut sudah terlihat? berwarna putih atau merah?

Jika indikator tersebut menunjukkan warna putih, kalian tidak perlu khawatir hal ini menandakan tidak pernah ada air yang masuk ke dalam iPhone kalian. Sebaliknya apabila berwarna merah karena baru saja terendam air, silahkan matikan dan keringkan iPhone kalian hingga benar-benar kering.

Indikator yang sudah berwarna merah bersifat permanen dan tidak dapat memutih kembali meskipun sudah kering. Sebagai tambahan apabila iPhone tersebut mengalami kerusakan, Apple tidak menyertakan garansi untuk kerusakan yang diakibatkan terkena air, dan indikator tersebut akan digunakan oleh Apple untuk menentukan apakah iPhone kalian pernah kemasukan air atau tidak.

Baik sekian informasi cara mengecek apakah iPhone pernah kemasukan air atau tidak, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!