Penyebab dan Cara Memperbaiki Layar iPhone Ghost Touch

Ghost Touch (sentuhan hantu), merupakan sebutan untuk layar yang sering tersentuh sendiri ataupun tidak tersentuh sesuai dengan bagian yang disentuh. Mengalami ghost touch pada layar terutama layar iphone tentu meruapakan hal yang sangat menyebalkan. Contohnya saja ketika sedang mengetik, kalian akan merasakan bahwa ketikkan kalian akan jadi berantakan karena apa yang diketik pada keyboard tidak sesuai dengan apa yang tampil dilayar. Selain itu bagi yang senang bermain game juga akan sangat merasakan efeknya.


Penyebab Layar iPhone Ghost Touch

Layar Ghost Touch pada iPhone dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti :

  • Menggunakan charger tidak asli
  • Layar retak atau pecah akibat terjatuh dan terbentur
  • iPhone terendam dan kemasukkan air
  • Pernah mengganti layar iPhone dengan yang tidak asli
  • Kualitas kesehatan baterai iPhone sudah sangat buruk
  • Kesalahan sistem iOS (bug)
  • Terhalang case ataupun kualitas tempered glass yang buruk

Cara Mengatasi Layar iPhone Ghost Touch

Untuk mengatasi layar Ghost Touch pada iPhone kalian dapat mengikuti beberapa cara ampuh berikut :

1. Restart iPhone

Cara paling sederhana pertama silakan coba matikan iPhone kalian selama sekitar 1 menit, setelah itu silakan nyalakan kembali dan lihat hasilnya.

2. Bersihkan Layar iPhone

Layar iPhone yang kotor apalagi terkena cairan seperti air maupun minyak, dapat mengakibatkan ghost touch. Hal ini dikarenakan layar akan mengira cairan atau kotoran tersebut sebagai sebuah sentuhan. Pastikan juga tidak ada benda asing yang menempel pada layar iPhone.

3. Gunakan Charger yang Asli

Apabila ghost touch hanya terjadi apabila iPhone dicharge saja, pastikan charger yang kalian gunakan merupakan charger yang asli. Menggunakan charger yang tidak asli dan berkualitas rendah dapat menyebabkan kerusakan lebih parah.

4. Coba Lepas Case dan Tempered Glass

Case yang terlalu kecil sehingga menekan iPhone terlalu kencang dapat menyebabkan layar bertingkah aneh, jadi silakan coba lepas case kalian dan coba kembali. Selain itu tempered glass berkualitas rendah atau sudah mulai rusak juga dapat menyebabkan layar iPhone menjadi Ghost Touch.

5. Reset Pengaturan iPhone

Selanjutnya kalian dapat mereset pengaturan iPhone, ingat cara ini akan mengembalikan pengaturan iPhone ke pengaturan awal (tanpa menghapus data). Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.


6. Update iOS ke Versi Terbaru

Selanjutnya coba update versi iOS kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini, caranya silakan masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Pastikan kalian menggunakan jaringan Wi-Fi dengan sisa baterai diatas 50%.


7. Downgrade versi iOS

Apabila ghost touch ini baru terasa setelah mengupdate iOS ke versi terbaru, silakan downgrade iOS tersebut menggunakan IPSW dan Tunes, caranya silakan baca pada postingan berikut : Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

8. Cek Kesehatan Baterai

Pastikan kesehatan baterai kalian masih dalam batas normal, biasanya kesehatan baterai iPhone yang sudah memburuk dapat menyebabkan banyak masalah, salah satunya adalah layar ghost touch. Satu lagi komponen baterai yang tidak asli juga dapat menjadi salah satu penyebabnya.


9. Pastikan Masih Tersedia Ruang Penyimpanan

Ruang Penyimpanan pada iPhone yang penuh hingga benar-benar penuh dapat menyebabkan banyak masalah tidak terduga, salah satunya ada ghost touch. Jadi pastikan masih ada tersisa ruang penyimpanan pada iPhone kalian.

10. Apakah iPhone Sebelumnya Terendam Air?

Apabila ghost touch ini disebabkan iPhone yang baru saja terendam air, sangat disarankan untuk mengeringkan iPhone kalian hingga benar-benar kering terlebih dahulu sebelum digunakan kembali. Ada kemungkinan air sudah masuk ke dalam iPhone kalian sehingga menyebabkan banyak masalah.

11. Layar iPhone Retak / Pecah

Jika layar iPhone pecah atau retak karena terjatuh dan terbentur, mau tidak mau
untuk mengatasi masalah ini kalian harus mengganti layar tersebut. Pastikan juga untuk mengganti layar dengan yang asli agar masalah ghost touch tidak datang kembali.


12. Cek Apakah Layar iPhone Terangkat?

Dalam beberapa kasus ketika iPhone baru saja terjatuh, layar iPhone akan sedikit terangkat keluar dari framenya. Apabila ini terjadi silakan baca postingan berikut untuk solusi meperbaikinya : Penyebab Dan Cara Mengatasi Layar iPhone Yang Terangkat. Selain itu komponen baterai yang buruk (membengkak, kembung) dapat menyebabkan layar iPhone kalian terangkat sehingga menyebabkan ghost touch.

Cek Kualitas Layar

Cara-cara diatas tidak ada yang membuahkan hasil? Silakan cek kualitas layar iPhone kalian. Kemungkinan besar masalah diatas disebabkan oleh kualitas layar pada iPhone kalian sudah mulai menurun. Disamping itu layar iPhone yang tidak asli dan memiliki kualitas rendah dapat menjadi penyebab utamanya. Silakan cek apakah layar pada iPhone kalian benar-benar masih asli atau tidak, dengan cara memperhatikan ciri-cirinya atau gunakan cara berikut : Cara Cek LCD / Layar iPhone Original Atau Tidak Menggunakan 3uTools

Apabila ragu dan masalah masih tidak kunjung teratasi, silakan bawa iPhone kalian ke service center authorized Apple di Indonesia untuk dicek apa penyebabnya dan solusi untuk memperbaikinya.

Baik sekian informasi cara memperbaiki layar iPhone yang ghost touch alias tersentuh sendiri. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!