Cara Memperbaiki No Service pada iPhone 6, 6S, 7, 8, X, XR, XS dan 11

iPhone yang mengeluarkan pesan Searching / Mencari dan berujung pada No Service / Tidak Ada Layanan, merupakan pertanda bahwa iPhone tidak dapat mencari dan mendapatkan jaringan. Masalah ini cukup banyak dialami pengguna iPhone, khususnya bagi pengguna iPhone 6 / Plus, iPhone 6S / Plus, iPhone 7 / Plus, iPhone 8 / Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS / Max, iPhone 11 dan iPhone 11 Pro / Max.


Lalu apa penyebabnya dan bagaimana caranya mengatasinya? penyebab masalah no service / tidak ada layanan ini bermacam-macam, mulai dari faktor bug pada iOS, kesalahan kartu Sim hingga kerusakan serius pada komponen dalam iPhone itu sendiri. Nah supaya tidak khawatir lagi, langsung saja kalian dapat mencoba beberapa cara berikut untuk mengatasinya.

Nyalakan Lalu Matikan Airplane Mode

Cara pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan melakukan pencarian jaringan ulang menggunakan mode pesawat, caranya silahkan nyalakan mode pesawat kemudian matikan kembali dan lihat hasilnya.


Restart iPhone

Cara paling sederhana kedua yang dapat kalian lakukan, adalah dengan merestart iPhone kalian. Sederhananya silahkan matikan iPhone kalian selama sekitar 1 menit kemudian nyalakan kembali.

Cek Jaringan Sekitar

Kualtias jaringan sekitar yang buruk juga merupakan salah satu penyebab iPhone No Service. Hal ini biasanya terjadi apabila kalian sedang traveling ke daerah-daerah yang sulit dijangkau jaringan. Untuk memastikannya kalian dapat melihat smartphone lainnya apakah mengalami hal serupa atau tidak, ingat berbeda operator jaringan berbeda juga kualtias jaringannya.

Ubah Mode Jaringan

Selanjutnya kalian dapat mencoba untuk merubah mode jaringan pada iPhone kalian, caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara. Jika sudah coba gunakan satu per satu dan cek mana yang bekerja, misalnya saja LTE, 3G atau 2G. Dalam kasus tertentu jika jaringan hanya bekerja pada mode LTE hal ini bisanya menandakan kualitas jaringan operator yang kalian gunakan tidak stabil, entah karena perbaikan atau daerah dimana kalian berada sulit mendapatkan jaringan.


Cek Masa Aktif Kartu

Peraturan saat ini di Indonesia ketika kartu sim kalian sudah tidak aktif / mati, maka kartu sim tidak akan dapat berfungsi lagi. Menggunakan kartu yang sudah tidak aktif secara otomatis akan membuat iPhone kalian tidak bisa mendapatkan jaringan meskipun sudah dimasukkan kartu simnya. Sebagai solusi ampuh, coba ganti kartu sim kalian dengan kartu sim yang baru dan coba lihat hasilnya.

Pastikan Tanggal Diatur Dengan Benar

Menggunakan waktu dan tanggal yang tidak sesuai dapat menyebabkan banyak masalah pada aplikasi dan beberapa layanan tertentu. Sebagai solusinya silahkan atur ulang pengaturan tanggal kalian, disarankan untuk menggunakan mode otomatis, caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Tanggal & Waktu lalu pilih Atur Secara Otomatis.


Keluarkan dan Masukkan Kembali Kartu Sim

Selanjutnya kalian dapat mencoba untuk mengeluarkan kartu sim dari sim tray, bila perlu silahkan bersihkan kartu sim beserta dengan simtraynya, jika sudah silahkan pasang kembali. Untuk hasil yang lebih pasti coba restart iPhone kalian dan coba kembali lihat hasilnya.

Coba Kartu Sim Lainnya

Untuk memastikan bahwa tidak ada masalah dengan kartu sim yang kalian gunakan, coba ganti kartu sim dengan kartu sim lainnya ( pastikan baru ). Jika berhasil maka kemungkinan kartu sim kalian sebelumnya bermasalah atau sudah tidak aktif lagi.

Reset Pengaturan Jaringan

Kemungkinan ada pengaturan jaringan pada iPhone kalian yang tidak sesuai atau mungkin terjadi bug. Silahkan reset pengaturan jaringan pada iPhone kalian, caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Jaringan. Jika sudah silahkan cek kembali dan lihat hasilnya. Apabila belum berhasil juga kalian dapat mencoba mengatur ulang pengaturan iPhone secara menyeluruh, caranya silahkan pilih menu Atur Ulang Pengaturan.


Update ke iOS Versi Terbaru

Mungkin saja iOS pada iPhone kalian mengalami bug, silahkan update ke iOS versi terbaru yang tersedia saat ini. Caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Gunakan Wi-Fi dan pastikan baterai pada iPhone minimal tersedia 50%.


Reset iPhone Ke Pengaturan Pabrik

Apabila cara-cara diatas belum berhasil juga pertimbangkan untuk menghapus seluruh data pada iPhone kalian dan mengembalikkannya ke keadaan awal seperti baru. Sebelum melanjutkan pastikan seluruh data-data penting kalian sudah dibackup. Jika sudah silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Hapus Konten & Pengaturan. Atau kalian dapat menggunakan iTunes caranya silahkan baca pada postingan berikut : Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes


Apabila No Service Terjadi Setelah Update iOS

Ya, apabila no service terjadi setelah kalian mengupdate ke iOS versi terbaru dan seluruh cara diatas sudah dicoba namun tidak membuahkan hasil. Kalian dapat mencoba untuk melakukan downgrade ke iOS versi sebelumnya menggunakan IPSW dan iTunes, caranya silahkan baca pada postingan berikut : Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Apabila iPhone Hasil ByPass iCloud

Bila iPhone kalian merupakan iPhone hasil ByPass iCloud, admin sendiri tidak dapat membantu. Namun kalian dapat mencari metode perbaikannya dengan menggunakan tools yang sebelumnya digunakan untuk melakukan bypass. Baca Selengkapnya tentang Resiko dan Ciri-Ciri iPhone Hasil Hack / ByPass iCloud

Kerusakan iPhone

Terakhir jika semua cara sudah dilakukan dan hasilnya nihil, kemungkinan terbesar komponen pada iPhone kalian yang menangani jaringan mengalami kerusakan. Tidak ada cara lain selain membawa iPhone tersebut ke authorized service center Apple di Indonesia untuk di cek kerusakannya dan diperbaiki.

Baik sekian informasi cara memperbaiki iPhone yang tidak mendapatkan jaringan alias No Service / Tidak Ada Layanan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!