Cara Mengatasi iPhone X, XR dan XS Cepat Panas Saat Digunakan

Beberapa pengguna iPhone X, iPhone XR dan iPhone XS / Max banyak yang mengeluhkan iPhone mereka terasa sangat cepat panas saat digunakan. Sebenarnya panas adalah hal yang normal saat menggunakan iPhone, apalagi jika memang digunakan untuk aktivitas yang berat seperti bermain game, streaming video berkualitas tinggi, merekam video dan lain sebagainya.


Namun dalam beberapa kasus panas yang dihasilkan oleh iPhone terasa terlalu cepat dan terlalu panas meskipun tidak digunakan untuk aktivitas berat. Hal ini biasanya disebabkan oleh aktivitas aplikasi atau layanan di latar belakang sampai dengan suhu ruangan yang memang cukup panas.

Untuk mengatasi iPhone yang cepat panas, kalian dapat mengikuti beberapa tips berikut ini :

Restart iPhone

Hal paling sederhana pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan merestart iPhone kalian. Sederhananya silahkan matikan iPhone kemudian nyalakan kembali setelah 1 menit dimatikan. Cara ini akan membuat sistem iPhone segar dan optimal kembali.

Kecerahan Layar Terlalu Terang

Bila berada diluar ruangan apalagi disiang hari dengan cahaya matahari yang sangat terang, otomatis kalian harus menerangkan layar iPhone kalian agar terlihat. Namun sangat disarankan untuk tidak berlama-lama menggunakan kecerahan yang terlalu terang, hal ini akan berakibat pada iPhone yang semakin cepat panas dan baterai juga cepat terkuras. Untuk memanajemen terang yang baik, sangat disarankan untuk menggunakan fitur Kecerahan Otomatis, caranya silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks > Kecerahan Otomatis.


Backup Otomatis

Secara pengaturan bawaan ( default ), iPhone kalian akan otomatis membackup data-data secara otomatis seperti foto ke dalam layanan penyimpanan iCloud. Fitur backup otomatis memang merupakan salah satu fitur yang cukup bagus, kalian tidak akan kehilangan foto kenangan kalian walaupun tidak sengaja terhapus di aplikasi Foto dalam iPhone. Namun dalam kondisi tertentu misalnya internet sedang lambat, iPhone tetap akan terus berusaha untuk mengupload data-data tersebut yang berakibat pada iPhone bekerja lebih keras. Kalian dapat menonaktifkan fitur ini hingga mendapatkan koneksi internet yang cukup bagus ( Wi-Fi ). Caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan kemudian Tap nama iCloud kalian ( dipaling atas ) lalu pilih iCloud > Foto kemudian nonaktifkan Foto iCloud.


Update Aplikasi Otomatis

Sama seperti diatas, secara bawaan iPhone kalian akan memperbarui aplikasi yang terinstall ( jika tersedia ) secara otomatis. Hal ini dapat menyebabkan iPhone bekerja ekstra keras, apalagi ditambah koneksi internet yang sedang lambat. Untuk mematikan fitur update aplikasi otomatis ini silahkan buka aplikasi Pengaturan > iTunes & App Store kemudian nonaktifkan semua menu Pengunduhan Otomatis.


Suhu Ruangan / Sekitar Yang Panas

Apabila kalian sedang berada pada ruangan yang panas atau kondisi lingkungan yang cukup panas, misalnya saat siang hari dengan terpapar sinar matahari langsung. Tentu saja hal ini berpengaruh pada peningkatan suhu panas pada iPhone, sangat disarankan untuk membatasi penggunaan iPhone pada lingkungan yang panas hingga benar-benar mendapatkan lingkungan yang cukup sejuk.

Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang

iPhone memiliki fitur 'Segarkan App di Latar' yang berfungsi agar aplikasi dapat tetap berjalan walaupun sedang tidak digunakan. Fitur ini sangat berguna apabila kalian ingin terus update informasi pada aplikasi, namun tentu saja konsekwensinya iPhone akan bekerja terus menerus sehingga membuat iPhone cepat panas. Kalian dapat membatasi atau mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar.


Buruknya Kualitas Jaringan

Jaringan yang sulit didapat / buruk, akan membuat iPhone terus berusaha keras dalam mencari dan menstabilkan sinyal yang sulit didapatkan tersebut. Hal ini berdampak pada iPhone yang menjadi cepat panas dan daya tahan baterai yang cepat habis. Sangat disarankan untuk menggunakan mode pesawat untuk mematikan jaringan data seluler sementara atau gunakan sambungan Wi-Fi hingga kondisi jaringan stabil.

Update Versi iOS

iOS yang kalian gunakan bisa saja bermasalah dan memiliki banyak bug, sangat disarankan untuk mengupdate iOS kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Caranya silahkan siapkan iPhone dengan kondisi baterai minimal 50% dan jaringan internet yang cukup bagus, selanjutnya masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.


Jangan Dimainkan Sambil Di Charge

Bila kalian suka memainkan iPhone sambil diisi daya, mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Sebab menggunakan iPhone sambil di charge akan meningkatkan beban kinerja iPhone yang berimbas pada suhu panas berlebih, apalagi jika kalian menggunakan fast charging. Selain itu dampak lainnya yang paling terasa adalah kesehatan baterai pada iPhone yang akan cepat menurun.

iPhone Panas Setelah Diupdate iOS

Apabila iPhone kalian mengalami panas setelah mengupdate versi iOS, sebaiknya kalian menunggu hingga beberapa hari. Sebab iPhone akan beradaptasi dengan iOS baru yang banyak-sedikit akan berdampak pada kinerja iPhone yang meningkat dan berimbas pada iPhone yang lebih cepat panas.

Gunakan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah berfungsi untuk menghemat pengguna baterai di iPhone dengan menonaktifkan fitur update, download maupun backup otomatis di iPhone. Fitur ini juga akan menurunkan kecepatan maksimal iPhone dan sedikit kecerahan pada layar. Dampaknya kinerja iPhone akan semakin ringan, penggunaan daya baterai yang semakin rendah hingga panas pada iPhone yang berkurang. Untuk menyalakan Mode Daya Rendah bisa melalui icon baterai pada pusat kontrol atau masuk ke Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah.


Baik itu saja Tips dan Trik Solusi Mengatasi iPhone yang cepat panas, khusunya iPhone X, iPhone XR dan iPhone XS / Max. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!