Layar iPhone Pecah? Apa Yang Harus Kalian Lakukan?

Salah satu mimpi buruk bagi seluruh pengguna Smartphone termasuk iPhone adalah pecahnya layar akibat terjatuh dan terbentur. Memang kita tidak bisa memprediksi apakah iPhone tersebut akan terjatuh atau tidak, sebaik-baiknya kita menjaga iPhone satu waktu kadang terjatuh juga.

Di saat iPhone terjatuh ada dua kemungkinan yang terjadi, pertama iPhone akan selamat dan baik-baik saja atau yang kedua iPhone akan mengalami masalah ringan misalnya lecet hingga yang parah yaitu layar PECAH! 😱.


Sebenarnya pecahnya layar pada iPhone dapat dicegah dan diminimalisir kemungkinannya dengan proteksi dari case, terutama case premium dengan sertifikasi Military Drop dan menggunakan tempred glass berkualitas.

Namun ya sudah, saya anggap layar iPhone kalian sudah pecah atau retak. Lalu apa yang harus kalian lakukan sekarang?

Jika Pecahnya Parah

Apabila layar kalian pecahnya cukup parah bahkan banyak serpihan kaca layar yang bertebaran, biasanya layar tidak akan berfungsi lagi. Maka dari itu mau tidak mau kalian harus mengganti layar tersebut dengan yang baru.

Memang mengganti layar dengan yang baru membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi mengganti dengan layar yang asli. Namun hal tersebut sangat disarankan dibandingkan harus menggunakan layar tidak asli.

Terdapat banyak kekurangan yang akan kalian dapatkan dengan layar yang tidak asli seperti layar yang kurang responsif, kurang terang dan cerah, fitur True Tone pada layar kemungkinan akan hilang, cepat panas dan mudah sekali pecah lagi karena layar tidak memiliki proteksi seperti yang aslinya (Gorilla Glass).

Jika Pecah Sedikit/Retak Halus

Kasus kedua ini sedikit beruntung dari kasus pertama. Biasanya layar pada iPhone kalian akan mengalami pecah sedikit di bagian ujung atau mengalami keretakan halus, tetapi layar masih berfungsi dan dapat digunakan seperti biasa.

Tentu saja dengan pecah sedikit ataupun terdapat retak halus pada layar tetap akan sedikit mengganggu penampilan saat melihat kearah layar. Biasanya juga terdapat bercak dibagian layar yang retak dan sangat terlihat jelas jika dilihat dari sudut miring.

Untuk ini admin juga menyarankan untuk mengganti layar kalian dengan yang baru dan asli, namun jika masih terkendala dana kalian dapat menggunakan case dan tempered glass untuk menutupi pecah/retakan halus tersebut.

Mencegah Layar Pecah Kembali

Untuk upaya mencegah agar layar iPhone tidak pecah kembali, setidaknya meminimalisir kemungkinan. Kalian dapat menggunakan case berkualitas dengan sertifikasi tahan jatuh (military drop protection). Walaupun memiliki harga yang cukup mahal namun dalam beberapa kasus case jenis ini dapat menyelamatkan iPhone dari kerusakan fatal akibat jatuh. Selain itu menggunakan tempered glass juga merupakan pilihan yang tepat.

Apalagi bagi pengguna iPhone dengan bahan kaca di bagian belakangnya seperti iPhone X, iPhone XR, iPhone XS/Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro/Max dan seterusnya.

Bagaimana menurut kalian? apa hal yang akan kalian rencanakan nanti kedepannya untuk layar iPhone tersebut? apakah ingin dijual saja dengan kondisi apa adanya atau diperbaiki saja? berikan pendapat kalian pada kolom komentar di bawah ya, Terima Kasih! 👍