Cara Mengatasi Layar iPhone 6, 6S, SE, 7, 8 Tidak Bisa Disentuh

Layar iPhone tiba-tiba tidak bisa disentuh? tidak perlu khawatir, pada postingan kali ini saya akan membagikan cara mudah mengatasi layar pada iPhone yang tidak bisa disentuh. Khususnya bagi pengguna iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ( cara ini juga bisa diterapkan pada iPhone model lainnya seperti iPhone X ).


Sebelum itu saya akan membahas apa sih penyebab kenapa tiba-tiba layar iPhone kalian tidak bisa disentuh? penyebab layar yang tidak bisa disentuh yang paling sering terjadi, disebabkan oleh iOS yang bug sehingga iPhone menjadi stuck, freeze alias tidak merespon. Selain itu kemungkinan lainnya seperti iPhone terjatuh dan terbentur keras atau iPhone terendam air. Baik untuk memperbaiki masalah diatas caranya sangat mudah, kalian bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

Force Restart iPhone

Cara paling ampuh pertama yang dapat memperbaiki iPhone kalian yang tidak bisa disentuh adalah dengan melakukan Force Restart atau Restart Paksa. Caranya? langsung ikuti cara dibawah sesuai model iPhone yang kalian gunakan.

iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus dan iPhone SE

Tekan dan Tahan tombol Home dan tombol Power secara bersamaan hingga muncul Logo Apple, setelah itu lepas.


iPhone 7 dan iPhone Plus

Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan hingga muncul Logo Apple, setelah itu lepas.


iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ( bisa diterapkan untuk iPhone X dan lebih baru )

*lakukan dengan agak cepat

#1 : Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
#2 : Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
#3 : Tekan dan Tahan tombol Power hingga muncul Logo Apple, setelah itu lepas.


Untuk Pengguna iPhone X, XR, XS, 11 dan 11 Pro silahkan baca pada postingan berikut : Cara Mengatasi Layar iPhone X, XR, XS, 11 / 11 Pro Tidak Bisa Disentuh

Seharusnya dengan menggunakan cara diatas setelah iPhone kalian masuk ke menu utama, iPhone sudah dapat berfungsi dengan normal dan dapat disentuh kembali. Lalu apa sih sebenarnya yang menyebabkan hal tersebut? tidak perlu khawatir hal tersebut merupakan bug biasa yang diakibatkan oleh iOS atau aplikasi yang bermasalah. Setiap pengguna iPhone tidak jarang pasti pernah mengalami hal tersebut.

Untuk mengantisipasi masalah tersebut agar tidak datang kembali, disarankan untuk rutin mengupdate versi iOS yang kalian gunakan ke versi terbaru yang tersedia. Untuk cek, download dan install pembaruan iOS terbaru silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Sebelum melakukan update pastikan baterai iPhone terdapat minimal 50% dan gunakan koneksi wi-fi yang kencang dan stabil.

Terakhir jika cara diatas tidak membuahkan hasil dan setelah iPhone direstart layar tetap tidak dapat disentuh, ada kemungkinan layar pada iPhone kalian mengalami kerusakan entah karena terjatuh dan terbentur atau terendam air.

Baca Juga : Apa Yang Harus dan Jangan di Lakukan Jika iPhone Terendam Air

Baik sekian cara memperbaiki layar iPhone yang tidak bisa disentuh, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!