Cara Cek Penggunaan RAM iPhone dan iPad Melalui Widget iOS 14

RAM / Random-access-memory seringkali digunakan sebagai acuan performa saat akan membuka aplikasi maupun games, meskipun begitu di iPhone maupun iPad sendiri sebenarnya kalian tidak perlu memusingkan soal manajemen RAM, karena perangkat besutan Apple tersebut memang sudah dirancang untuk secara otomatis memberikan manajemen RAM dan performa terbaik bagi penggunanya.


Namun tidak ada salahnya juga untuk melakukan pengecekan RAM sekedar untuk melihat dampak dari berjalannya aplikasi yang sedang digunakan. Di iOS sendiri secara bawaan kalian tidak dapat melihat penggunaan RAM, namun tidak perlu khawatir kalian dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya, bahkan bagi pengguna iOS 14 kalian dapat menempatkannya di layar utama iPhone kalian melalui sebuah Widget.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Cek Penggunaan RAM di iPhone Melalui Widget iOS 14

Disini kita akan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, salah satu aplikasi yang admin sarankan adalah Usage: Activity & Data Widget (gratis dengan versi premium), atau kalian dapat mencari sendiri di App Store dengan kata kunci "RAM / Memory Widget".

#1 : Silakan download terlebih dahulu aplikasi Pihak Ketiga yang akan digunakan, disini admin akan menggunakan aplikasi Usage - Tap untuk Download via App Store

#2 : Jika sudah silakan tambahkan Widget di iPhone kalian seperti biasa, lalu pilih menu aplikasi Usage


#3 : Selanjutnya silakan seret ke arah samping dan pilih menu Memory (beberapa bentuk dan model memang hanya tersedia untuk versi premium / pro)


#4 : Terakhir silakan tap menu Tambah Widget dan lihat hasilnya


Ya, begitulah kira-kira cara yang dapat kalian gunakan untuk mengecek penggunaan RAM. Sebenarnya bukan hanya aplikasi Usage saja namun kalian dapat memanfaatkan aplikasi lainnya yang serupa, cukup masukan kata kunci "RAM / Memory Widget" maka akan banyak puluhan aplikasi serupa yang dapat kalian coba sendiri.

Nah bagaimana menurut kalian sendiri? apakah memantau penggunaan RAM cukup penting? silakan tinggalkan pendapat atau komentar kalian pada kolom komentar di bawah ya.