Cara Mengatasi Search Windows 10 Tidak Bisa Dibuka / Berfungsi

Beberapa waktu yang lalu tiba-tiba saja tombol Search (pencarian) pada komputer Windows 10 yang admin sama sekali tidak berfungsi (tidak bisa di klik / tidak merespon klik). Namun untuk saat ini tombol tersebut sudah kembali dengan menggunakan salah satu dari cara-cara yang akan admin bagikan di bawah.


Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini untuk mengatasi tombol search pada Windows yang tidak bekerja / tidak bisa di klik.

Restart Windows Explorer

Windows Explorer merupakan salah satu proses yang bertugas untuk mengatur tampilan pada Windows. Silakan restart proses Windows Explorer melalui Task Manager (klik kanan pada icon Windows > Task Manager) jika sudah pada menu Processes cari menu Windows Explorer kemudian klik kanan dan pilih Restart.


Cek Service Windows Search

Search pada Windows memiliki proses layanannya tersendiri, untuk memastikan proses Windows Search dalam keadaan aktif dan berjalan, silakan ikuti cara berikut:

  1. Pada keyboard silakan tekan tombol Windows + R
  2. Jika sudah muncul menu Run silakan masukan kata kunci services.msc lalu klik OK
  3. Selanjutnya silakan cari dan klik 2 kali pada menu Windows Search

Apabila service status menandakan Stopped silakan klik tombol Start namun apabila sudah Running namun tombol search tidak juga bekerja, lanjutkan lagi ke cara di bawah.

Jalankan Proses ctfmon.exe

Trik selanjutnya kalian dapat mencoba menjalankan ulang proses ctfmon.exe secara manual, beberapa pengguna melaporkan cara ini berhasil mengembalikan tombol Search mereka. Kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut ini:

  1. Pada keyboard silakan tekan tombol Windows + R
  2. Jika sudah muncul menu Run silakan masukan kata kunci C:\Windows\System32\ctfmon.exe
  3. Selanjutnya silakan klik tombol OKE atau tekan saja Enter dan lihat hasilnya


Restart Komputer Kalian

Tentu tidak ketinggalan, merestart Windows adalah salah satu cara ampuh untuk mengatasi berbagai macam bug. Namun apabila cara ini sudah dicoba dan tidak membuahkan hasil, langsung saja lanjutkan ke cara selanjutnya.

Memulai Ulang Search dengan PowerShell

Cara terakhir, disini kita akan memulai ulang proses search menggunakan Powershell. Kalau begitu langsung saja ikuti cara berikut ini:

#1 : Silakan klik kanan pada icon Windows yang ada dipojok kiri bawah lalu pilih menu Windows PowerShell (admin)

#2 : Jika sudah silakan masukan teks berikut PowerShell -ExecutionPolicy Unrestricted lalu tekan Enter

#3 : Setelah itu masukan kembali teks berikut Get-AppXPackage -AllUsers |Where-Object {$_.InstallLocation -like "*SystemApps*"} | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"} dan tekan kembali tombol Enter

Untuk copy teks silakan buka link berikut: https://freetexthost.net/YCrBCqxd

#4 : Terakhir jika sudah selesai silakan lihat kembali hasilnya

Cek Update Windows

Ya! cara ini merupakan cara yang berhasil mengatasi masalah pada menu Search pada komputer admin sendiri. Biasanya bagi pengguna yang berhasil mengatasi masalah dengan melakukan update Windows memiliki masalah dengan update sebelumnya.

Kalau begitu langsung saja masuk ke Pengaturan Windows (klik kanan icon Windows > Settings) lalu masuk ke menu Update & Security lalu silakan klik menu Check for Updates dan install update terbaru yang tersedia.

Apabila pembaruan tidak tersedia namun muncul menu Additional Update, silakan download dan install Additional Update tersebut. Cara ini merupakan satu-satunya cara yang admin gunakan dan berhasil.

Baik itu saja cara-cara ampuh mengatasi Search atau menu Pencarian pada Windows 10 yang tidak dapat bekerja, dijalankan atau terbuka. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau mungkin ada yang mau berbagi pengalaman? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)