Penyebab Persentase Angka Kesehatan Baterai iPhone Tidak Muncul

Kesehatan Baterai atau Battery Health merupakan salah satu fitur di iPhone, iPad & iPod, yang berfungsi untuk menunjukkan kesehatan dari komponen baterai. Kesehatan ini ditentukan berdasarkan kapasitas maksimum yang dapat ditampung oleh baterai, misalnya saja kapasitas maksimal baterai berada pada angka 90%, maka bisa disimpulkan bahwa baterai hanya dapat menampung kapasitas hingga 90% saja dari kapasitas aslinya. Menu kesehatan baterai ini dapat kalian temukan pada aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai > Kapasitas Maksimum.


Namun tidak sedikit pengguna iPhone yang mengalami masalah, dimana persentase Kapasitas Maksimum pada baterai tidak muncul ( hanya menunjukkan simbol - ) tanpa adanya pesan peringatan, seperti contoh pada gambar dibawah berikut.


Tidak munculnya informasi persentase 'Kapasitas Maksimum' dari kesehatan baterai iPhone dapat disebabkan oleh banyak faktor, misalnya saja faktor bug dari iOS atau komponen baterai itu sendiri yang sudah tidak asli ( pernah diganti sebelumnya ). Sebelum menyimpulkan apa penyebabnya kalian bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengatasi angka kapasitas maksimum pada menu kesehatan baterai yang tidak muncul :

> Restart iPhone

Silahkan restart iPhone kalian dengan cara dimatikan kemudian dihidupkan kembali.

> Update iOS ke Versi Terbaru

Pertama silahkan coba update versi iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini, caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Apabila setelah update tidak muncul juga coba lanjutkan cara dibawah.

> Reset Pengaturan iPhone

Selanjutnya coba reset pengaturan pada iPhone kalian, caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan. Setelah itu coba cek kembali kapasitas maksimum baterai health kalian.

Solusi Terakhir...

Apabila sudah melakukan langkah-langkah diatas namun kapasitas maksimum baterai tetap tidak muncul, kemungkinan besar komponen baterai yang ada pada iPhone kalian sudah tidak asli lagi. Perlu diketahui juga, fitur kesehatan baterai hanya dapat membaca kesehatan baterai pada iPhone yang menggunakan komponen baterai asli dan resmi dari Apple saja.

Jadi untuk mengatasi masalah ini lebih lanjut, kalian bisa datang ke Authorized Service Center Apple di Indonesia untuk diganti ke unit baterai asli dan resmi. Namun tentu saja biaya penggantian baterai yang asli dan resmi bisa dibilang cukup mahal.