Arti atau Maksud dari IMEI Tembus pada iPhone dan iPad

Dalam dunia jual beli entah itu melalui toko fisik ataupun secara online, pasti kalian pernah menemukan produk iPhone maupun iPad yang dilengkapi dengan keterangan "IMEI iPhone / iPad Tembus".


Lalu apa sih sebenarnya arti dan maksud dari IMEI yang Tembus tersebut? apakah tembus dalam artian IMEI yang ada pada iPhone atau iPad tersebut bolong? tentu saja tidak ya.. hehe, untuk dapat memahaminya kita perlu mengetahui dulu pengertian dari IMEI dan fungsinya, kalau begitu langsung saja simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Arti dan Maksud dari IMEI Tembus pada iPhone atau iPad

IMEI atau International Mobile Equipment Identity (sering disebut juga Serial Number / Nomor Seri), merupakan serangkaian nomor unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat telepon seluler. Karena digunakan untuk keperluan identifikasi, nomor IMEI di setiap perangkat termasuk iPhone dan iPad tentu saja berbeda-beda.

Salah satu contoh fungsi dari IMEI pada iPhone dan iPad seperti untuk melakukan pengecekan Model, Status Masa Garansi, dan Tanggal Aktivasi.

Sedangkan IMEI Tembus sendiri merupakan istilah yang sering digunakan oleh penjual untuk mendeskripsikan bahwa produk iPhone atau iPad yang dijual merupakan barang Asli, mengapa? sebab nomor IMEI yang tertera pada iPhone atau iPad yang akan dijual tersebut, valid dan dapat dilacak atau identifikasi melalui website resmi Apple.

Selain iPhone dan iPad, nomor IMEI ini dapat kalian temukan juga pada produk Apple lainnya seperti iPod Touch, AirPods dan HomePod.

Cara Cek IMEI di iPhone dan iPad

IMEI pada iPhone dan iPad dapat kalian temukan melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai > Nomor Seri / Serial Number. Selain itu IMEI atau Nomor Seri dapat ditemukan juga pada kotak kemasan atau resi pembelian.

Jika sudah ketemu, untuk mengidentifikasi, mencocokan, dan menampilkan informasi lengkap seperti garansi, tanggal aktivasi, dan model dari produk iPhone atau iPad tersebut, silakan masukan IMEI ke dalam website resmi Apple berikut: https://checkcoverage.apple.com/id/id/

Apabila hasil informasi yang ditampilkan oleh IMEI cocok dengan iPhone atau iPad, maka bisa dipastikan produk tersebut benar-benar asli alias IMEI Tembus.

Bagaimana sudah tahu kan arti dan maksud dari IMEI Tembus pada iPhone dan iPad? apabila mungkin masih ada yang kurang dimengerti atau mungkin ada yang mau menambahkan, langsung saja tinggalkan pertanyaan atau pesan kalian melalui kolom komentar di bawah, terima kasih :)