Cara Mengatasi Laptop Mengeluarkan Bunyi Beep Pendek Terus Menerus di Windows

Bunyi beep pada laptop menandakan ada hal yang tidak beres terjadi pada komponen hardware, bunyi beep biasanya muncul ketika proses booting sebelum memasuki operating sistem atau sebelum memasuki Windows, tapi apa jadinya jika bunyi beep pendek terus menerus ketika sudah berada di dalam Windows?


Hal ini pernah terjadi pada laptop yang saya gunakan, dimana tiba-tiba saat sedang browsing laptop tiba-tiba mengeluarkan bunyi Beep setiap 5 detik sekali terkadang lebih lama atau lebih cepat ( random ), saya sempat mengira hal ini di sebabkan oleh Overheat tetapi setelah di lihat temperatur laptop saya normal.

Ternyata setelah cek sana sini saya menemukan penyebabnya, penyebabnya yaitu :

Kabel Charger Kendor!

Kabel charger laptop yang mulai kendor sehingga laptop mengira bahwa kabel charger tersebut di masukan dan di keluarkan secara terus menerus kemudian keluarlah bunyi beep yang biasa kita dengan ketika menyambungkan charger ke laptop.

Untuk melakukan cek jika masalah ini juga terjadi pada kalian silahkan cabut kabel Charger kemudian cek apakah bunyi beep masih ada atau tidak, jika tidak berarti charger pada laptop kalianlah penyebabnya.

Bagaimana jika masih belum bisa juga? silahkan ikuti beberapa cara berikut :

Restart Laptop


Kesalahan bisa saja terjadi pada windows, silahkan restart laptop kalian dan lihat hasilnya

Cek temperatur Hardware dan Baterai

Untuk melakukan cek suhu atau temperatur pada hardware silahkan gunakan aplikasi HWMonitor yang bisa kalian dapatkan pada link berikut : Download HWMonitor

Cabut baterai dan langsung gunakan kabel Power

Cara ini bertujuan untuk mengecek apakah baterai kalian bermasalah atau tidak, silahkan cabut baterai dan nyalakan laptop kalian menggunakan sumber daya dari kabel charger

Masuk ke Safe Mode


Cara ini untuk memastikan apakah Windows kalian yang menjadi penyebabnya atau bukan, caranya :

Tekan tombol Windows dan tombol R secara bersamaan pada keyboard, kemudian masukkan kata msconfig 


Setelah jendela System Configuration terbuka pilih menu Boot dan centang Safe boot kemudian pilih OK dan Restart


Jangan lupa matikan centang pada Safe boot di atas setelah memasuki Safe Mode .

Jika pada safe mode bunyi beep tidak ada dan saat di normal mode ada bunyi beep, kemungkinan besar masalah terjadi pada sistem Windows, pertimbangkan untuk install ulang.

Cabut semua perangkat USB yang Tersambung

Silahkan cabut satu per satu perangkat USB yang tersambung contohnya Mouse dan Keyboard, pastikan untuk cek apakah masih mengeluarkan bunyi beep ketika salah satu perangkat di cabut.

Bagaiamana apakah masalah kalian teratasi? sekian dulu tips dan tutorial kali ini semoga dapat membantu dan dapat bermanfaat, Terima Kasih!