Cara Mengatasi Layar iPhone yang Suka Mencet Sendiri

Layar iPhone suka terpencet sendiri? layar iPhone yang suka terpencet atau tersentuh sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal dan faktor, bisa dari bug pada software iOS, atau kesalahan pada hardware maupun aksesoris yang digunakan oleh iPhone.


Pada postingan ini saya akan membagikan penyebab dan tips memperbaikinya, kalau begitu langsung saja berikut cara memperbaiki dan penyebab dari layar iPhone yang suka terpencet atau tersentuh sendiri.

Pastikan Layar iPhone tidak dalam keadaan Basah atau Terkena Air

Nah terlihat sepele tapi memang benar, layar iPhone yang basah dapat membingungkan sensor sentuhan pada layar, sehingga layar sendiripun mengira bahwa si air yang terdapat pada layar tersebut sebagai sebuah sentuhan. Cara memperbaikinya silakan lap layar smartphone kalian dengan kain halus dan kering kemudian lihat hasilnya.

Cek Charger iPhone

Apabila layar iPhone yang tersentuh sendiri hanya terjadi ketika iPhone diisi daya saja, ada kemungkinan charger yang digunakan iPhone tersebut bermasalah.

Restart iPhone

Terkadang software yang bug juga bisa menjadi penyebab layar iPhone suka mencet sendiri, apalagi kalau sedang mengetik pasti typonya kemana-mana, cara paling mudah mengatasinya adalah dengan merestart iPhone, sederhananya silakan matikan iPhone selama beberapa detik kalau bisa 1 menit, kemudian nyalakan kembali dan lihat hasilnya.

Update ke iOS Terbaru

Jika sudah mencoba cara-cara di atas tetapi belum menghasilkan apa-apa, coba update iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia saat ini.

Cek Kesehatan Baterai

Baterai pada setiap smartphone termasuk iPhone memiliki umur dan masa pakainya, ketika masa pakainya sudah cukup lama maka kapasitas baterai akan menurun dari aslinya, dan dalam kasus terburuk baterai yang sudah cukup tua dapat memberikan berbagai macam gejala aneh pada iPhone, salah satunya adalah layar yang terpencet sendiri.

Untuk cara cek kesehatan baterai bagi pengguna iOS 11 dan terbaru silakan masuk ke Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai dan lihat pada menu Kapasitas Maksimal, jika menunjukan di bawah angka 70% maka disarankan untuk segera mengganti baterai iPhone ke yang baru.

Cek Apakah Layar Terangkat?

Perhatikan baik-baik layar pada iPhone kalian apakah layar sedikit terangkat? jika ya maka penyebabnya bisa dari baterai yang menggelembung atau layar sedikit kendor, tidak jarang baterai yang sudah menggelembung sehingga mengangkat layar ke atas dapat menyebabkan layar menjadi ngaco (tersentuh sendiri).

Cek Kualitas Layar

Selain itu ada kemungkinan besar masalah datang dari layar iPhone itu sendiri, apalagi jika sebelumnya layar iPhone tersebut sudah pernah diganti dengan layar yang lainnya bahkan yang tidak original, jadi saya sarankan untuk cek ke service center apple atau tempat reparasi terpercaya di daerah kalian masing-masing.

Cek Tempered Glass (Jika Ada)

Tempered Glass merupakan salah satu lapisan plastik yang berfungsi untuk melindungi layar original iPhone, tempered glass pada iPhone rusak atau sudah pecah dapat juga menyebabkan layar iPhone bermasalah bahkan terpencet sendiri.

Cek Apakah Case iPhone Menyentuh Layar

Apakah kalian menggunakan Case iPhone dengan model yang tebal? ada kemungkinan juga case menyentuh bagian layar sehingga menyebabkan layar tersentuh sendiri, pastikan tidak ada bagian case yang menyentuh layar iPhone.

Cara-cara di atas sudah dilakukan namun layar iPhone tetap bermasalah? pertimbangkan untuk membawa iPhone tersebut ke service center Apple agar dapat dicek dan ditangani lebih lanjut.