Cara Membuat Ringtone / Nada Dering di iPhone Tanpa iTunes

Ringtone / Nada dering bawaan iPhone memang sangat terbatas, pada postingan kali ini saya akan membagikan cara membuat ringtone di iPhone menggunakan file lagu / musik / video tanpa menggunakan iTunes.


Aplikasi yang akan kita gunakan untuk membuat ringtone ini adalah 3uTools, tapi sebagai catatan saja bahwa iTunes tetap di perlukan sebagai driver untuk iPhone, jadi pastikan kalian sudah menginstall iTunes.

Oke kalau begitu langsung saja berikut caranya :

#1 : Download dan Install terlebih dahulu aplikasi 3uTools dan iTunes ( jika belum punya )

> DOWNLOAD 3uTools
> DOWNLOAD iTunes

#2 : Jika sudah jangan lupa siapkan file berupa musik atau video yang akan di jadikan ringtone, kemudian sambungkan perangkat iPhone kalian menggunakan kabel data usb dan buka aplikasi 3uToolsnya.

#3 : Pada aplikasi 3uTools buka menu Toolbox kemudian pilih " Make Ringtone "


#2 : Setelah itu pilih mau ambil file musik / videonya dari mana kalau dari laptop / pc pilih From PC kalau dari dalam iPhone pilih From iDevice


#3 : Setelah itu silahkan pilih file musiknya dan klik Select / Open jika sudah

#4 : Nah sekarang kalian edit mau di mulai dari mana musiknya, misalnya dari detik ke 00:39 sampai 01:25, silahkan seret garis putih yang di tunjukkan panah merah untuk menentukan start awalan musik ( klik Set Starting Point jika sudah ) kemudian yang di tunjukkan panah yang berwarna kuning adalah akhir dari musik yang akan di jadikan ringtone.

Atau kalian dapat mengatur secara manual menggunakan menu yang saya beri kotak warna biru pada gambar di bawah, kalau semua sudah selesai silahkan tekan tombol " Generate Ringtone "


#5 : Jika sudah silahkan berikan nama ke ringtone yang ingin di masukkan ke dalam iPhone dan klik Import to your iDevice jika sudah.


#6 : Jika sukses sekarang beralih ke iPhone dan buka Pengaturan > Bunyi & Haptik > Nada Dering dan ringtone kalian sudah dapat di gunakan sebagai penanda panggilan masuk :)



Satu lagi, untuk menghapus Ringtone atau Nada dering tersebut dari dalam iPhone caranya mudah, pastikan iPhone kalian tersambung dan pada aplikasi 3uTools silahkan klik menu iDevice > Ringtones > Pilih Ringtone yang akan di hapus > Delete > Delete dan ringtone akan otomatis terhapus juga di dalam iPhone.


Bagaimana gampang kan? hehe.. oke sekian dulu tutorial kali ini semoga bermanfaat, jika ada yang ingin di sampaikan atau tanyakan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!

Baca Juga : Cara Download Ringtone Gratis di iPhone Tanpa Jailbreak