Cara Mengatasi Aplikasi Cydia atau Sileo Crash / Keluar Sendiri

Cydia dan Sileo merupakan aplikasi manajemen jailbreak tempat di mana kalian menginstall dan menghapus berbagai macam tweak, tapi pernahkan kalian mendapati masalah di mana aplikasi Cydia atau Sileo kalian Crash alias keluar sendiri saat di buka?


Penyebab aplikasi Cydia atau Sileo Crash ada bermacam-macam, beberapa kasus biasanya di sebabkan oleh Tweak ( bentrok, tidak cocok, bajakan ), jailbreak belum sepenuhnya stabil atau bisa juga ada beberapa komponen cydia / sileo yang hilang ( salah hapus atau di sebabkan tweak perusak )

Untuk mengatasi masalah di atas sangatlah mudah, apalagi jika Cydia / Sileo crash setelah menginstall tweak tertentu ( berarti tweak yang menjadi penyebabnya ), silahkan ikuti cara berikut ini :

# Catatan : Sileo adalah paket manajemen jailbreak bawaan dari Chimera sedangkan Cydia dari Unc0ver.

#1 : Silahkan buka tools Jailbreak kalian lalu :

> Bagi yang menggunakan Unc0ver : Buka tools Unc0ver kemudian tap ikon gear ( pengaturan ) yang ada di pojok kanan atas kemudian matikan centang pada menu Load Tweaks

> Bagi yang menggunakan Chimera : Buka tools Chimera swipe menu dari bawah kemudian tap menu Disable Tweaks

Contohnya kalian bisa lihat gambar di bawah :


#2 : Setelah itu silahkan Re-Jailbreak / Jailbreak ulang, bisa juga dengan cara Restart dulu kemudian atur seperti di atas dan lakukan jailbreak lagi.

#3 : Setelah jailbreak selesai silahkan buka aplikasi Cydia / Sileo kemudian hapus tweak terbaru yang kalian install dan di rasa menjadi biang masalah.

#4 : Jika sudah silahkan restart perangkat kalian dan jailbreak ulang, selesai.

Catatan : Jika tweak tidak terload setelah jailbreak ulang ( pada langkah ke #4 ) silahkan nyalakan menu Load Tweaks ( unc0ver ) atau Enable Tweaks ( chimera ), dan lakukan jailbreak ulang.

Re-Install CYDIA

Untuk pengguna Jailbreak Unc0ver, jika cara-cara di atas masih belum membuahkan hasil silahkan ikuti cara berikut :

Masuk ke bagian Settings / Pengaturan ( ikon gear pojok kanan atas ) kemudian nyalakan menu

> Reinstall Cydia
> Reset Cydia Cache


Oke sekian dulu tips dari saya, jika ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!