Media Penyimpanan Terbaik Untuk Backup Data Foto / Video Jangka Panjang

Video dan Foto adalah hasil jepretan kamera yang tidak akan bisa terulang untuk kesekian kalinya, apalagi foto atau video tersebut merupakan kenangan penting bersama keluarga, teman, pacar (tidak berlaku untuk jombo), maupun jepretan objek dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyimpan data digital kita agar tetap terjaga dengan baik dan tidak hilang, salah satunya adalah memilih media penyimpanan yang baik, perawatan dan pengontrolan data secara rutin.


Untuk saat ini media Penyimpanan untuk backup media paling baik adalah :

Harddisk

Harddisk atau Cakram keras sendiri merupakan penyimpanan berbentuk piringan, menggunakan harddisk sebagai opsi penyimpanan data, bisa dibilang jauh lebih tahan lama, awet dan masih yang terbaik hingga saat ini, hal tersebut salah satunya dikarenakan data yang disimpan ke dalam harddisk secara otomatis dituliskan ke dalam piringan yang ada di dalamnya sehingga data tidak mudah hilang walaupun tidak teraliri listrik dalam waktu yang lama.


Selain itu Harganya yang murah juga bisa menjadi pertimbangan tersendiri, tersedia juga pilihan kecepatan pada harddisk, kapasitas, tipe dan fitur tambahan, tentu saja hal tersebut akan menambah harga dari Harddisk itu sendiri.

Hampir seluruh perusahaan Cloud atau penyimpanan data Online menggunakan Harddisk Internal tipe NAS untuk penyimpanan data.

Walaupun Harddisk hingga saat ini masih merajai penyimpanan data terbaik dan murah, harddisk memiliki kekurangannya yang dari dulu hingga sekarang belum berubah dan masih saja sama, yaitu mudah rusak karena benturan / jatuh, hal ini dikarenakan komponen piringan yang digunakan untuk menyimpan / menulis data mudah sekali pecah atau terbaret, jika sudah pecah atau baret maka bisa dipastikan data yang tersimpan akan rusak juga.

Selain itu penurunan listrik tiba-tiba juga dapat memperpendek usia Harddisk.

Saran saya gunakan 2 Harddisk berbeda untuk menyimpan data, yang satu Internal dan yang kedua External, tentu jika salah satu bermasalah tentu tidak perlu terlalu khawatir karena ada backupnya pada harddisk ke 2.

Tips membeli Harddisk :

  • Pastikan kapasitas Harddisk cukup dengan data yang akan di backup, pikirkan juga untuk membeli kapasitas yang jauh lebih besar untuk backup data di masa yang akan datang.
  • Pilihlah kecepatan yang sesuai, dalam Harddisk ada 2 kecepatan yang banyak beredar yaitu 5400rpm dan 7200rpm, lebih besar lebih cepat.
  • Jika data sangatlah berharga jangan pelit untuk mengelurkan uang lebih untuk harddisk dengan fitur terbaru yang lebih awet dan optimal.

Menjaga Harddisk agar Tetap Awet adalah hal yang gampang-gampang susah, seperti yang saya katakan di atas menyimpan data ke dalam 2 harddisk berbeda adalah hal mutlak untuk keamanan data, berikut tips menjaga harddisk agar tetap awet :

  • Hindari benturan pada harddisk
  • Usahakan harddisk dalam posisi tidur dan tidak miring
  • Hindari harddisk dari Air
  • Untuk harddisk internal pastikan kalian menggunakan PSU dengan kualitas yang bagus
  • Untuk harddisk external simpan pada tempat yang kering dan tidak lembab
  • Pastikan juga temperatur pada harddisk tetap dingin ketika beroperasi
  • Rajin melakukan cek kesehatan harddisk menggunakan tool tertentu
  • Hindari terlalu banyak mendefrag harddisk karena akan membebani kerjanya

Harddisk setidaknya dapat menyimpanan data untuk waktu 10 - 15 tahunan, dengan perawatan yang baik akan memperpanjang durasinya.

SSD

SSD adalah penyimpanan data terbaru yang menggunakan Flash Memori sebagai media penyimpanannya, berbeda dengan harddisk yang digerakan dengan motor, flash memori pada SSD tidak bergerak (mirip dengan RAM komputer) dan tidak ada komponen bergerak pada SSD hal inilah yang menyebabkan SSD jauh lebih tahan banting (benturan / guncangan) dibanding dengan harddisk.


SSD memiliki kecepatan standar yang sangat cepat dibanding dengan harddisk, SSD juga sering digunakan sebagai media penyimpanan Operating Sistem untuk mempercepat performa.

Karena masih terbilang teknologi yang baru dan terus berkembang SSD masih diragukan dalam hal keawetan dalam melakukan penyimpanan data karena menggunakan memori flash yang tidak tahan / awet jika tidak di aliri listrik dalam jangka waktu tertentu (harus rutin di aliri listrik dari PC / Laptop setidaknya seminggu sekali).

Harganya yang mahal juga menjadi pertimbangan tersendiri selain itu SSD juga memiliki siklus baca tulis tertentu, jadi setidaknya sampai saat ini SSD bukanlah pilihan terbaik dalam menyimpan data jangka panjang.

SSD sangat cocok jika kalian punya uang lebih dan dijadikan media penyimpanan cadangan setelah Harddisk, berikut adalah kelebihan SSD dibandingkan Harddisk :

  • Kecepatan jauh di atas Harddisk
  • Tidak memiliki komponen bergerak sehingga tahan benturan dan guncangan
  • Cocok digunakan sebagai penyimpanan Operating Sistem
  • SSD External tipis dan mudah dibawa kemana-mana
Perkiraan umur data yang disimpan dalam SSD berkisar antara 4 - 6 tahun.

Flash Drive


Untuk Flash Drive sama seperti SSD walaupun menggunakan memori yang biasanya lebih rendah, Flash Drive tidaklah cocok untuk menyimpan data dalam jangka waktu yang lama apalagi Flash Drive murahan dan tidak jelas merknya, Flash Drive hanya disarankan sebagai media sementara untuk melakukan transfer file antar komputer.

Pertimbangkan Penyimpanan Awan alias Cloud Storage

Penyimpanan awan atau Cloud Storage adalah penyimpanan data yang dilakukan secara Online, beberapa layanan Cloud sebagai contoh: Google Drive, Mega, Mediafire, 4Shared, DropBox, iCloud dan lain sebagainya..


Jika kalian tidak mau repot penyimpanan Cloud adalah solusi terbaik, data kalian disimpan pada server penyedia layanan dengan jaminan keamanan data, dengan penyimpanan online data kalian aman dari bencana misalnya banjir, kebakaran, hilang, rusak karena guncangan dan lain sebagainya.

Penyedia layanan penyimpanan cloud selalu rutin membackup dan mengganti harddisk-haddisk mereka sehingga kalian tidak perlu memikirkan perawatan, namun begitu tentu ada harga yang harus dibayarkan untuk penyimpanan cloud dan harga tersebut menyesuaikan kapasitas yang dipilih.

Bagaimana? tentu data digital susah-susah gampang dalam merawatnya, jika kalian berpikir untuk menyimpan data tersebut hingga puluhan tahun pastikan secara rutin membeli media penyimpanan dengan teknologi terbaru dan menyalin data-data lama ke dalamnya.

Di masa yang akan datang kompatabilitas file yang disimpan menjadi hal yang harus diperhatikan juga.