Cara Mengatasi Login Gmail Error Sementara / Tidak Tersedia

Beberapa hari yang lalu saya baru saja menemukan masalah ketika membuka salah satu akun Gmail milik saya sendiri, ketika saya login muncul peringatan error yang bertuliskan seperti berikut :

Error Sementara

Maaf, akun Gmail Anda untuk sementara tidak tersedia. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan kami sarankan Anda mencoba lagi dalam beberapa menit. Anda dapat melihat Dasbor Status G Suite untuk status layanan saat ini.

Jika masalah terus berlanjut, kunjungi Pusat Bantuan Gmail

Coba Lagi Logout

Tampilkan Info Teknis Terperinci

Ketika saya menekan menu " Tampilkan Info Teknis Terperinci " maka muncul peringatan lagi : Kode Numerik: 4

Contoh errornya bisa kalian lihat gambar di bawah berikut :


Entah apa penyebabnya sudah beberapa hari ini masalah ini belum juga teratasi, dan yang anehnya lagi hal ini hanya terjadi pada salah satu akun gmail saya saja dan juga hanya terjadi apabila login melalui PC atau Laptop, untuk login di smartphone tidak ada masalah sama sekali, untuk mengatasi masalah ini awalnya saya sudah mencoba restart pc, ganti jaringan internet, menggunakan browser lainnya, menggunakan pc yang lain dan semua hasilnya nihil.

Ada kemungkinan masalah Error Sementara atau Temporary Error tersebut memang di sebabkan oleh server Gmail yang mengalami gangguan atau sedang dalam masa perawatan? entahlah kita berharap tim Gmail segera memperbaiki masalah ini secepatnya ya :)

Cara Mengakses Masuk ke Dalam Gmail

Untuk dapat membuka Email kalian kembali dan memperbaiki masalah di atas, saya sendiri telah menemukan beberapa trik dan cara jitu yang di bagikan juga oleh kawan-kawan di Komunitas Gmail, dan ya.. cara ini secara ajaib berhasil! saya bisa masuk ke akun Gmail saya kembali, penasaran? kalau begitu langsung saja berikut caranya :

#1 : Gunakan Tampilan Standar Gmail

Bukan sulap bukan sihir, cara ini ternyata berhasil membuat saya masuk ke dalam akun Gmail yang muncul " Error Sementara ", caranya? silahkan login email kalian apabila sudah muncul error tersebut silahkan buka link berikut ini untuk memasukki Gmail dengan tampilan Standar :

Gmail Standar / Tampilan Biasa

Jika sudah silahkan pilih menu " Saya ingin menggunakan Gmail HTML " dan lihat hasilnya.

Ya walaupun tampilan Gmail berubah menjadi jadul yang penting bisa di akses ya.. tetapi abaila mau tampilannya kembali ke tampilan yang normal kalian bisa gunakan cara ke #2 di bawah berikut :

#2 : Ubah Pengaturan Bahasa

Gunakan cara no #1 di atas apabila berhasil masuk ke akun Gmail kalian sekarang silahkan buka menu Setelan yang berada di pojok kanan atas kemudian pada menu Bahasa ubah dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris (US) atau (UK), jika sudah silahkan klik Simpan Perubahan.


Apabila sudah silahkan klik menu Standar yang berada di bagian bawah


Sekarang akun Gmail kalian sudah kembali seperti normal dengan tampilan yang seperti biasanya juga :)

#3 : Ubah ke Tampilan Mobile

Nah ini adalah trik terakhir yaitu merubah sementara tampilan Gmail ke tampilan Mobile di layar PC kalian, caranya mudah sekali silahkan klik kanan pada sembarang tempat pada halaman Gmail kemudian pilih menu Inspect


Setelah itu pada bagian atas pilih tampilan iPad, sebenarnya boleh yang lain cuma iPad saja soalnya lebih besar :)


Apabila sudah sekarang silahkan refresh browser kalian dan lihat hasilnya, Gmail akan terbuka hanya saja dalam tampilan iPad seperti yang tadi sudah di pilih :)

#4 : Cek Aplikasi Gmail

Cara terakhir adalah silahkan cek pada aplikasi Gmail di smartphone Android atau iOS kalian, karena sekali lagi error ini tidak terjadi ketika login menggunakan smartphone atau tablet seperti iPad.

Bagaimana apakah berhasil? sementara itu saja solusi untuk memperbaiki Email Gmail yang tidak bisa login dengan " Error Sementara ", saya sendiri tidak tahu kenapa hanya salah satu akun saja yang terdampak, selain itu layanan seperti YouTube atau Google Drive semuanya dapat di gunakan dengan lancar, semoga tim Gmail dapat dengan cepat mengatasi masalah ini, sambil menunggu kalian dapat menggunakan cara-cara di atas untuk mengakses akun Gmail kalian

Baik sekian tips, trik dan informasi yang dapat saya berikan, apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau mungkin ada yang mau menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya.. Terima Kasih!