Cara Mengatasi Layar iPhone yang Bergaris, Bergetar dan Berbayang

Salah satu masalah yang terkadang sering ditemukan dari para pengguna iPhone adalah masalah pada layar, entah itu mulai dari layar yang suka tersentuh sendiri, gelap sendiri ataupun kurang responsif.


Lebih jauh lagi ada masalah serius yang tidak jarang dijumpai dari pengguna iPhone yaitu layar yang bergaris-garis, berkedip/bergetar, garis berwarna-warni (hitam, merah, putih, coklat, hitam dll), layar terkadang tidak merespon saat disentuh atau malah tidak dapat disentuh sama sekali, masalah-masalah tersebut juga sering disebut Flickering/Glitches.

Penyebab dari Layar iPhone yang Bergaris-garis dan Berkedip

Penyebab paling umum yang sering menyebabkan masalah-masalah tersebut adalah layar iPhone yang sudah retak atau pecah, jatuh atau terbentur benda keras, kemasukan air, terkena cairan kimia berbahaya sampai kualitas layar yang buruk (refurbished).

Namun hal tersebut bukanlah satu-satunya hal yang menyebabkan layar iPhone mejadi bergaris/berkedip sendiri, ada beberapa kasus yang mana hal tersebut disebabkan oleh Bug pada iOS. 

Cara Memperbaiki Layar iPhone Yang Bergaris Dan Berkedip

Sebagai catatan seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa cara ini kecil kemungkinan untuk mengatasi masalah yang diakibatkan oleh terjatuh dan layar yang retak atau pecah.

Kalau begitu langsung saja berikut cara yang bisa kalian coba:

1. Restart iPhone

Sederhananya silakan matikan iPhone kalian kemudian nyalakan kembali atau jika tidak merespon gunakan Restart Paksa caranya:

  • iPhone 8 atau lebih baru: Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas lalu tekan tombol Volume Bawah lalu lepas sekarang tekan dan tahan tombol Power hingga iPhone restart.
  • iPhone 7: Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan hingga iPhone restart.
  • iPhone 6S dan lebih lama: Tekan dan Tahan tombol Home dan Power secara bersamaan hingga iPhone restart.

2. Matikan Auto Brightness/Kecerahan Omatis

Coba nonaktifkan kecerahan otomatis melalui aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks seret ke bawah kemudian nonaktifkan menu Kecerahan Otomatis

3. Nonaktifkan Layar True Tone

Khusus untuk pengguna iPhone 8 dan lebih baru, nonaktifkan layar True Tone melalui Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > True Tone.

4. Reset Pengaturan iPhone

Reset atau Atur Ulang pengaturan pada iPhone dengan cara masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan

5. Bersihkan iPhone/Keringkan Jika Terkena Air

Coba bersihkan iPhone tersebut pastikan tidak ada cairan yang menempel pada layar, apabila iPhone kemasukan Air coba keringkan iPhone terlebih dahulu.

Jika Tidak Juga Berhasil :(

Apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil, kemungkinan terbesar masalah datang dari layar iPhone kalian yang mulai mengalami kerusakan, apabila layar iPhone mengalami retak atau pecah silakan ganti lcd layar tersebut, atau untuk lebih pastinya silakan bawa iPhone tersebut ke tempat reparasi iPhone terpercaya atau authorized service center Apple di Indonesia.

Baik sekian informasi yang dapat saya sampaikan tentang bagaimana cara dan solusi dari layar iPhone yang bergaris-garis, bergetar kedap-kedip, berbayang warna warni dan lain sebagainya. Apabila ada yang ingin disampaikan, silakan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah, Terima Kasih!