Saurik Update Perbaikan Cydia Substrate dan Dukungan Untuk iOS 13

Kabar menarik datang dari pendiri aplikasi manajemen jailbreak Cydia, @Saurik yang baru saja merilis update untuk Cydia Substrate ke versi 0.9.7100. Sebelumnya bagi yang belum tahu apa itu Cydia Substrate?


Cydia Substrate merupakan salah satu platform yang di buat oleh @Saurik untuk mempermudah pengembangan maupun penginstallan Tweak. Cydia Substrate ini menjadi salah satu platform yang di gunakan oleh banyak aplikasi jailbreak sebut saja Unc0ver atau Checkra1n.


Nah kenapa saya bilang di awal kabar ini adalah kabar yang " Menarik ", hal ini di sebabkan @Saurik sendiri sebagai salah satu pendiri komunitas iOS Jailbreak di kabarkan sudah tidak tertarik lagi dalam dunia Jailbreaking. Peran @Saurik sendiri dalam komunitas jailbreak semakin tahun semakin memudar, namun tidak di sangka-sangka Cydia Substrate yang merupakan platform miliknya di update untuk memperbaiki masalah pada Mach Port dan dukungan untuk jailbreak iOS 13 dalam hal ini Checkra1n.



Namun di kutip dari akun @sbingner update Cydia Substrate ini hanya berdampak untuk pengguna iPhone dengan Chipset selain A12 yang artinya hanya berdampak pada perangkat iPhone 6S hingga iPhone X. @sbingner juga menegaskan untuk pengguna agar jangan mencoba untuk menginstall update Cydia Substrate ini untuk perangkat Apple A12 yaitu iPhone XR, XS dan XS Max.

Bagaimana pendapat kalian tentang di updatenya Cydia Substrate untuk mendukung iOS 13? satu lagi update ini di gadang-gadang lebih optimal karena sudah masuk tahan FINAL dan bukan beta lagi.