Apa itu AppleCare+ Coverage Available Yang Ada Pada iPhone?

Bagi beberapa pengguna iPhone terutama untuk iPhone yang masih baru, kalian akan menemukan menu AppleCare+ Coverage Available yang terdapat pada menu "Mengenai ( About )" dalam aplikasi Pengaturan, lalu sebenarnya apa itu sih AppleCare+ Coverage Available itu?


Gambar : Support.apple.com

Layanan AppleCare+

AppleCare+ adalah layanan perlindungan dari Apple yang mencakup jaminan untuk kerusakan pada iPhone yang tidak disengaja, jaminan ini mencakup software dan hardware yang akan ditangani oleh tenaga ahli dan suku cadang resmi dari Apple.

Perbedaan AppleCare+ dengan Garansi Biasa / Garansi Terbatas / Limited Warranty 

Garansi bawaan biasa / garansi terbatas selama satu tahun hanya menjamin bagi iPhone yang rusak akibat dari kesalahan iPhone itu sendiri ( bukan diakibatkan human error ), misalnya tiba-tiba mati total, kamera tidak berfungsi, speaker tidak menyala sebelah dan lain sebagainya.

Sedangkan AppleCare merupakan layanan jaminan perlindungan akibat kesalahan yang tidak disengaja.

Keuntungan Menggunakan AppleCare+

Keuntungan menggunakan AppleCare+ adalah biaya untuk perbaikan yang jauh lebih murah dibandingkan tanpa menggunakan layanan AppleCare+, contohnya saja ketika layar iPhone kalian rusak bahkan pecah secara tidak sengaja, maka untuk biaya penggantiannya hanya dikenakan sebesar $ 29 atau sekitar Rp 450 ribu saja, atau untuk kerusakan yang tidak disengaja lainnya misalkan kamera pecah, back cover iPhone pecah, rusak mesin dan lain sebagainya hanya dikenakan biaya $ 99 atau sekitar Rp 1.4 juta.

Kalian bisa membeli dan mendapatkan layanan AppleCare+ hingga 24 bulan, dengan menggunakan AppleCare+ kalian juga akan mendapatkan layanan prioritas dari Apple.

Layanan AppleCare+ di Indonesia

Layanan AppleCare+ di Indonesia sendiri sudah bisa kalian beli dan dapatkan melalui store Authorized Apple di Indonesia.

AppleCare+ with Theft and Loss

Apple juga menyediakan layanan "AppleCare+ with Theft and Loss" dengan jaminan apabila iPhone tersebut tidak sengaja hilang ataupun karena dicuri, kalian akan mendapatkan layanan penggantian dengan membayarkan biaya Deductible yang telah ditentukan, selengkapnya bisa kalian baca disini : AppleCare Products


Gambar : Apple.com

Ya bisa dibilang AppleCare ini mirip dengan layanan asuransi, saya sendiri ketika pertama kali membeli iPhone mendapatkan layanan ini secara otomatis sekitar 45 hari ( kalau tidak salah ), namun karena menurut saya layanan ini tidak penting-penting amat jadi admin abaikan. Selama kita menjaga dan merawat iPhone kita dengan baik maka saya rasa layanan ini tidak diperlukan, toh kita juga sudah mendapatkan layanan garansi gratis selama satu tahun asalkan kita benar-benar menjaga iPhone dengan baik dan sebisa mungkin tidak rusak akibat jatuh, bencana atau human error lainnya. Namun semua kembali ke kebutuhan dan keinginan kalian masing-masing ya.

Baik sekian informasi soal AppleCare+ Coverage Available yang ada pada menu pengaturan dalam iPhone, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!