Cara Mengatasi iPhone 5S, 6, 6S, 7 dan 8 Tidak Mau Menyala / Mati Total

Salah satu mimpi buruk pengguna iPhone adalah keadaan dimana iPhone mereka mati total dan tidak mau menyala sama sekali entah karena jatuh, kemasukan air atau terjadi secara tiba-tiba saja, nah pada postingan kali ini saya akan fokus untuk membagikan cara dan solusi mengatasi iPhone yang mati total, cara ini berlaku bagi pengguna iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.


Sebelum melanjutkan, apa saja sih faktor-faktor yang menyebabkan iPhone mati total dan tidak mau menyala sama sekali apalagi terjadi secara tiba-tiba? penyebabnya bermacam-macam untuk garis besarnya kita golongkan menjadi dua, antara masalah pada Software atau masalah pada Hardware. Beruntung jika masalah kalian hanya diakibatkan oleh Software iOS yang bug atau bermasalah, namun akan lebih buruk jika masalah datang dari hardware. Baik untuk memastikannya silakan ikuti cara berikut untuk memperbaiki iPhone kalian yang tidak mau menyala sama sekali.

Baca Juga : Cara Mengatasi iPhone X, XR dan XS yang Tiba-Tiba Mati Total / Tidak Menyala

Lakukan Restart Paksa / Force Restart

Restart paksa dilakukan untuk mereset kembali iPhone yang stuck ( freeze ) pada mode tertentu yang menyebabkan iPhone tidak dapat merespon apa-apa alias seperti terlihat mati total, cara ini merupakan salah satu cara dengan tingkat kesuksesan paling tinggi, jadi pastikan kalian melakukan cara dibawah berikut dengan baik :

Untuk iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

  • Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  • Sekarang Tekan dan Tahan tombol Power hingga iPhone muncul logo Apple pada layar

Untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Tombol Power Secara Bersamaan hingga muncul logo Apple pada layar

Untuk iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S dan iPhone 6S Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Power dan Tombol Home Secara Bersamaan hingga muncul logo Apple pada layar

Jika logo Apple sudah muncul pada layar berarti iPhone kalian sudah berhasil menyala dan akan segera masuk ke homescreen.

Cek Charger yang Kalian Gunakan

Oh ya pastikan juga Charger yang kalian gunakan dalam keadaan normal, coba gunakan charger iPhone yang lainnya dan lihat hasilnya apakah iPhone mau terisi daya dan menyala atau tidak.

Biarkan iPhone Diisi Daya Kurang Lebih 2 Jam

Coba isi daya iPhone kalian kurang lebih sekitar 2 jam, apabila dalam kurun waktu tersebut iPhone tidak juga pertimbangkan untuk cas lebih dari 2 jam misalnya dari malam hingga pagi dan lihat hasilnya.

Cara Anti-Mainstream

Apabila semua cara diatas sudah dilakukan namun iPhone tetap juga tidak menyala, kemungkinan besar ada masalah pada iPhone itu sendiri, untuk mengatasi masalah ini tentu saja tidak ada cara lain selain dibawa ke tempar service iPhone terpercaya atau authorized di Indonesia.

Namun sebelum itu jika kalian mau kalian dapat mencoba cara yang tidak biasa ini, yaitu dengan cara memanaskan bagian belakang iPhone menggunakan Hairdryer (tidak disarankan apabila iPhone kalian masih dalam masa garansi) terutama untuk pengguna iPhone 5S, iPhone 6 dan iPhone 6S, untuk caranya sendiri cukup mudah dan 'do it at your own risk' lakukan dengan hati-hati dan resiko ditanggung sendiri.

1. Siapkan Hairdryer

2. Lepaskan semua case yang menempel pada iPhone

3. Semburkan hawa / angin panas dari Hairdryer ke bagian belakang iPhone

4. Tunggu hingga hangat dan langsung coba nyalakan iPhonenya (coba juga sambil dicharge)

Jika berhasil selamat, namun jika tidak silakan hentikan cara ini.

Solusi Terakhir

Bila semua cara sudah dicoba namun tidak juga membuahkan hasil apabila iPhone kalian masih dalam masa garansi sebaiknya silakan digaransikan, namun jika sudah tidak dalam masa garansi bawa iPhone kalian ke tempat service terpercaya atau authorized Apple di Indonesia untuk memastikan apa penyebabnya dan apa yang harus diganti.

Baik sekian informasi cara memperbaiki iPhone 5S, 6, 6S, 7 dan 8 yang tiba-tiba mati total, tidak mau menyala sama sekali atau blank hitam. Apabila ada yang ingin disampaikan atau tanyakan silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!