Cara Mengatasi Sinyal WiFi iPhone Yang Lemah

Tidak sedikit pengguna iPhone yang mengeluhkan jaringan WiFi pada iPhone mereka lemah, alias tidak dapat menjangkau jarak wifi dalam jarak yang agak jauh. Hal ini biasanya disebabkan oleh kualitas antena pada iPhone yang mulai mengalami masalah, entah karena iPhone baru saja terjatuh atau faktor-faktor lainnya.


Sebelum mengambil kesimpulan bahwa antena pada iPhone bermasalah, kalian dapat mencoba beberapa cara berikut yang mungkin dapat memperbaiki masalah wifi lemah pada iPhone maupun iPad kalian.

Restart iPhone

Cara paling sederhana yaitu dengan mematikan dan menyalakan kembali iPhone kalian. Jika sudah dicoba namun tidak membuahkan hasil, lanjutkan cara dibawah berikut.

Coba Gunakan Jaringan Wi-Fi Lainnya

Jaringan wi-fi pada router yang kalian gunakan bisa saja bermasalah, coba gunakan jaringan wifi lainnya yang tersedia.

Coba Reset Pengaturan Jaringan

Coba juga reset pengaturan jaringan pada iPhone kalian melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Jaringan.

Update ke iOS Terbaru

iOS terbaru biasanya membawa perbaikan pada sejumlah masalah pada iPhone. Untuk itu coba update iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini, caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Coba Lepas Case

Dalam beberapa kasus, case tertentu dapat mengganggu jaringan sinyal pada iPhone. Coba lepaskan case pada iPhone kalian dan coba kembali.

Habis Ganti Baterai? Cek Kembali Pemasangan

Apabila masalah wifi yang lemah muncul setelah mengganti baterai, kalian dapat mengecek kembali apakah ada komponen dalam iPhone yang kendur? jika ya coba cabut dan pasang kembali. Terutama untuk bagian antena yang biasanya menempel ke bodi iPhone.

Kerusakan Antena

Jika cara-cara diatas tidak membuahkan hasil, kemungkinan ada kerusakan pada bagian antena di iPhone kalian. Untuk memperbaiki masalah ini saya sarankan untuk membawa iPhone kalian ke ahlinya atau ke authorized service center Apple di Indonesia untuk dicek lebih lanjut.

Baik sekian informasi kali ini, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!